Pemanfaatan beragam sumber belajar dalam pembelajaran PPKn pada implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 2 Yogyakarta

Aland Aryaguna, , Indonesia
suyato suyato, , Indonesia

Abstract


Artikel ini disusun berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk melakukan analisis dan mendeskripsikan kemerdekaan pemanfaatan sumber belajar oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi berbagai faktor pendukung dan penghambat upaya guru PPKn SMK Negeri 2 Yogyakarta memanfaatkan sumber belajar secara merdeka dan bermanfaat dalam proses pembelajaran bersama peserta didik. Tidak sampai disitu, penelitian ini juga mendeskripsikan keberhasilan upaya guru PPKn SMK Negeri 2 Yogyakarta memanfaatkan berbagai sumber belajar secara merdeka terhadap peningkatan antusias dan semangat belajar peserta didik yang sudah pasti akan mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian pada artikel ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang ditentukan sendiri oleh peneliti dengan teknik purposive.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.