Efektivitas Penggunaan Instagram dan Twitter sebagai Media Pembelajaran PPKn Terhadap Tingkat Literasi Kewargaan

Millenia Aura Asa, , Indonesia
Samsuri Samsuri, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk 1) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap tingkat literasi kewargaan kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibawang; 2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media sosial Twitter terhadap tingkat literasi kewargaan kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibawang; 3) Menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan media sosial Instagram dan Twitter terhadap kemampuan tingkat literasi kewargaan pada pembelajaran PPKn pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan populasi yaitu kelas VIII A dan VIII B tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel respondennya adalah kelas VIII A sebanyak 32 peserta didik dan kelas VIII B sebanyak 31 peserta didik. Pemilihan sampel responden dilakukan secara purposive dengan pertimbangan dari pihak sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal yang dijadikan pre-test dan post-test dan instrumen non-tes berupa pengisian angket oleh kedua kelas eksperimen. Instrumen tes digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian belajar PPKn Kelas VIII dengan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini adalah bahwa mean post-test pada kelas eksperimen Twitter yaitu sebesar 13,32 sedangkan hasil mean post-test kelas eksperimen Instagram yaitu sebesar 12,66. Sehingga perbedaan hanya sebesar 0,66 maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar dari kedua kelas eksperimen. Penelitian ini menyatakan kedua media sosial tersebut efektif digunakan sebagai media pembelajaran PPKn terlebih sebagai peningkatan literasi kewargaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.