Taraf Keterlibatan Aktif Pemilih Menggunakan Hak Pilih Dalam Pilkada Serentak 2020

Agnes Aulia, , Indonesia
Suharno Suharno, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2020 Kecamatan Seyegan. Kemudian juga untuk menganalisis apa saja kendala yang dihadapi untuk berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2020 Kecamatan Seyegan dan menganalisis bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi untuk berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2020 Kecamatan Seyegan.

Tingkat partisipasi pemilih Kecamatan Seyegan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak 2020 di era pandemi Covid-19 mengalami peningkatan cukup tinggi. Hal ini berarti terdapat peningkatan trend dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dan angka partisipasi Kecamatan Seyegan sudah mencapai target yang ditetapkan oleh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat enam kendala dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, yaitu: perlengkapan fasilitas yang meningkat, pembengkakan anggaran yang dikeluarkan, Citamasjajar yang belum maksimal, pembatasan kerumunan, shift pelaksanaan yang lama, dan ketakutan Covid-19 dalam kluster TPS. Cara mengatasi kendala yang dihadapi untuk berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2020 ada tiga, yaitu: peningkatan kinerja sosialisasi dan komunikasi, peninjauan Kembali protokol kesehatan agar memberikan sanksi yang jelas, dan penerapan metode digitalisasi untuk pemilihan umum yang akan datang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan cara cross check. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.