Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial dan partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020

Diyah Mustika Anggraeni, , Indonesia
Sunarso Sunarso, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada Kabupaten Sleman tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 44.640 pemilih pemula dan sampel berjumlah 269 pemilih pemula. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear. Persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial memberikan pengaruh yang signifikan dan positif. Hasil analisis menunjukkan t hitung lebih besar dari t tabel (15.356 > 1.968855) serta F hitung lebih besar dari F tabel (234,812 > 3,89) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0,000 < 0,05). Kontribusi yang diberikan persepsi tentang kampanye politik melalui media sosial terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada tahun 2020 sebesar 46,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.