Optimalisasi Google Form sebagai Instrumen Penilaian Tertulis di Masa Pandemi pada Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman

Retno Dewi Wulandari,
Mukhamad Murdiono,

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pemanfaatan Google Form sebagai instrumen penilaian tertulis pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman, menganalisis kendala pemanfaatan Google Form sebagai instrumen penilaian tertulis pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman, mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kendala pemanfaatan Google Form sebagai instrumen penilaian tertulis pada pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian ini yakni guru PPKn, guru TIK, dan peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.  Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan secara induktif, melalui: reduksi data, unitisasi atau kategorisasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Google Form memiliki daya tarik tersendiri bagi peserta didik dan guru, hal ini karena banyaknya keunggulan yang tersedia dari layanan Google Form sehingga penilaian tertulis lebih efektif dan efisien, kendala dalam pemanfaatan Google Form berasal dari faktor ekonomi keluarga, karakter peserta didik, dan jaringan internet yang kurang stabil, upaya yang dilakukan seperti, memberikan motivasi dan arahan, bekerja sama dengan berbagai pihak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.