Pendidikan karakter Pancasila pada kemitraan Madrasah Tsanawiyah dengan pondok pesantren masa pandemi Covid-19

Nailin Nikmah, , Indonesia
Suyato Suyato, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Pendidikan karakter Pancasila, karakter Pancasila yang ditanamkan, keterkaitan pendidikan karakter Pancasila dalam kompetensi dasar PPKn di MTs Negeri 3 Bantul, dan Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter Pancasila pada pola kemitraan MTs Negeri 3 Bantul dengan Pondok Pesantren Putri Al-Muna II masa pandemi Covid-19. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter Pancasila meliputi: (1) pembelajaran luring di pondok pesantren, (2) kunjungan pihak sekolah ke pondok pesantren, (3) buku pemantauan ibadah dan pembiasaan harian siswa, (4) upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Santri, (5) pemilos (Pemilihan Ketua OSIS), (6) program tahfidz, (7) program adiwiyata, dan (8) komunikasi melalui WhatsApp. Karakter Pancasila yang ditanamkan yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) mandiri, (5) demokratis, (6) cinta tanah air, (7) peduli lingkungan, dan (8) tanggung jawab. Keterkaitan pendidikan karakter Pancasila dalam kompetensi dasar PPKn dikembangkan melalui KD 4.5 Kelas VII yakni karakter tanggung jawab. Faktor pendukung pendidikan karakter Pancasila yaitu: (1) komunikasi rutin dan (2) akses sekolah yang terbuka, sedangkan faktor penghambat yaitu: (1) PSBB, (2) beban administratif guru, dan (3) minimnya jumlah pengajar di pondok pesantren.

Kata kunci:

pendidikan karakter, Pancasila, kemitraan, pandemi Covid-19

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.