IMPLEMENTASI KELAS MULTIKULTURAL SEBAGAI SOLUSI KEBHINNEKAAN PADA GENERASI MUDA DI SMK BAKTI KARYA PARIGI

Rohmad Khusni Winanto, , Indonesia
Suharno Suharno, , Indonesia

Abstract


Artikel ini berdasarakan hasil penelitian yang bertujuan mendeskripsikan implementasi dan hasil ketercapaian dari program kelas multikultural, serta relevansi program kelas multikultural sebagai solusi menjaga kebhinnekaan. Jenis penelitian tersebut adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Subjek penelitian tersebut yaitu kepala sekplah, guru, peserta didik dan pejabat RT (Rukun Tangga) setempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu interactive Model of Analisis melalui langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan yakni implementasi program kelas multikultural SMK Bakti Karya Parigi telah berjalan dimulai dengan perumusan kebijakan program dengan diskusi, perekrutan peserta didik dari berbagai daerah, pelaksanaan kurikulum dan kegiatan multikultural  menunjukkan bahwa peserta didik telah mempunyai pemahaman dan pengamalan  mengenai nilai toleransi, perdamaian, aktif, terkoneksi, cinta budaya dan mempunyai wawasan ekologi. Selain itu program kelas multikultural dapat menjadi solusi untuk menjaga kebhinnekaan Indoneisa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya karakter/sifat pada diri peserta sisik yang mampu memahami dan mengamalkan  nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kewarganegaraan, meningkatkan rasa nasionalisme/ cinta tanah air, dan meningkatkan rasa toleransi antar suku, agama dan budaya setelah ikut serta menjadi bagian dari implementasi kelas multikultural di SMK Bakti Karya Parigi.

Kata Kunci : Kelas Multikultural, Pendidikan Multikultural, Solusi Kebhinnekaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.