PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR

Ema Dwi Astuti, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk: (1) apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong; dan (2) apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sampel kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dengan taraf signifikansi α = 5% menggunakan bantuan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t dengan taraf signifikansi sebesar (α = 5% ) menghasilkan  >  yakni sebesar 3,058 > 2,000 pada df 59 sebesar 2,000 dan nilai signifikasi sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,003<0,05), sehingga apabila nilai tersebut diinterpretasikan maka  ditolak dan  diterima; (2) ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t dengan taraf signifikansi sebesar (α = 5% ) menghasilkan  >  yakni sebesar 3,363 > 2,000 pada df 59 sebesar 2,000 dan nilai signifikasi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,001<0,05), sehingga apabila nilai tersebut diinterpretasikan maka  ditolak dan  diterima.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.