PENGEMBANGAN MODUL PPKN MATERI KEBERAGAMAN SUKU, AGAMA, RAS, DAN ANTARGOLONGAN DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA KELAS VII SMP N 5 BANGUNTAPAN

Refa Asih Rismayanti,
suripno suripno,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul yang layak dalam pembelajaran PPKn materi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Plomp dengan tahapan-tahapan: (1) Tahap Penelitian Awal (2) Tahap Pengembangan (3) Tahap Penilaian. Uji coba dilakukan secara terbatas pada 10 peserta didik dan secara uji coba lapangan pada 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar validasi dan lembar penilaian kepraktisan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil penelitian,diperoleh data bahwa modul yang dihasilkan layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mencapai angka 125 dengan kategori “sangat valid”, hasil validasi ahli modul mencapai angka 102 dengan kategori “valid”. Berdasarkan penilaian kepraktisan guru mencapai angka 116 dengan kategori “sangat praktis” sedangkan penilaian kepraktisan peserta didik mencapai angka 1979 dengan kategori “sangat praktis”. Selain itu, persentase penilaian peserta didik mencapai 82% dengan kategori “sangat baik”.

Kata Kunci : Modul Pembelajaran, PPKn, SMP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.