KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Andita Suci Widiyanti,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis Edmodo pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan kemandirian belajar maupun prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Piyungan. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperiment. Disain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling kelas. Dari hasil undian diperoleh 46 siswa yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen (23 siswa), kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol (23 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemberian angket dan pemberian tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan validasi Konstruk (construct validity) dan uji validitas statistik dengan menggunakan rumus Pearson’s Product Moment, uji reliabilitas dengan Cronbrach’s Alpha serta analisis butir soal. Uji normalitas data dengan  Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas data dengan uji stastistik menggunakan SPSS versi 22, uji independent t-test untuk pengujian hipotesis dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran berbasis edmodo pada mata pelajaran PPKn lebih efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar maupun prestasi siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Uji N-Gain juga menunjukkan pada kelas eksperimen sebesar 0,29 (kategori rendah) dan pada kelas kontrol sebesar 0,15 (kategori rendah).

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Edmodo, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.