PENGARUH FAKTOR PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAKPIA DI KOTA YOGYAKARTA

Rinta Hikma Santika, , Indonesia
Dewi Eka Murniati, M.M, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh faktor produk, harga, promosi, danbdistribusi terhadap keputusan pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta, (2)Megetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta. Jenis sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan tempat penelitian di bandara Adisucipto dan Stasiun Lempuyangan. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen bakpia yang ada di kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan Uji reliabilitas menggunakan Reabilitas Alpha. Metode analisis data
menggunakan regresi berganda dengan alat analisis uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Faktor produk, harga, promosi, dan distribusi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai F sebesar 40,36. (2) Faktor promosi memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan
pembelian bakpia pada konsumen di kota Yogyakarta. Hal ini didasarkan dari hasil uji t yaitu 9,461 > 2,47.


Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Bakpia, Yogyakarta hitung hitung > t tabel


Full Text:

PDF

References


Ahmad Khumaidi. (2013). Analisis

Pengaruh Produk, Harga, distribusi,

dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Teh Celup Sariwangi.

Abstrak hasil Penelitian UIN Syarif

Hidayatullah. Jakarta: Lembaga

Penelitian UIN.

Bayu Triyono. (2013). Analisis pengaruh

Produk, Harga, Promosi, dan Tempat

Terhadap Keputusan Pembelian Toko

Sayegan Sport Sleman Yogyakarta.

Abstrak hasill Penelitian UNY.

Yogyakarta: Lembaga Penelitian

UNY.

Dinas Pariwisata DIY. (2015). Tingkat

Kunjungan Wisatawan Provinsi DIY.

Diakses tanggal 2 Januari 2016 dari

www.dinaspariwisatadiy

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan

Koperasi DIY. (2016). Potensi

Industri Bakpia Di Daerah

Yogyakarta. Diakses tanggal 13 Juli

dari disperindag.jogjaprov.go.id

Muhammad Harisudin. (2005). Ragan

Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Philip Kotler. (2007). Manajemen

Pemasaran, Analisis, Perencanaan,

Implementasi, dan Pengendalian.

Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Stastika Untuk

Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Soeratno, dan Lincolin Arsyad. (2000).

Metodologi Manajement. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.

Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v5i3.3165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1