PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, DAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUEMEN DI RNB GRILL YOGYAKARTA
Minta Harsana, M.Sc, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan meng
etahui: 1) Kualitas pelayanan di RnB Grill Yogyakarta,
2) Produk di RnB Grill Yogyakarta, 3) Pengaruh Loyalitas Konsumen di RnB Grill
Yogyakarta. Jenis penelitian statistik, menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dilakukan
Januari 2016 – November 2017. Populasi pengunjung rata-rata perhari 500 orang. Metode
pengumpulan data menggunakan angket. Sampel penelitian dihitung menggunakan rumus
Riduan dan Kuncoro, diperoleh hasil sebanyak 85 konsumen. Teknik pengambilan sampel
menggunakan incidental sampling. Uji validitas instrument menggunakan validitas konstruk
expert judgement, validitas isi dengan korelasi Product Moment dan uji reabilitas
menggunakan Alfa Cronbarch. Metode analisis data menggunakan regeresi berganda dengan
alat uji F dan t pada timgkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Kualitas pelayanan di RnB Grill pada kategori baik dengan frekuensi 84 (99%), 2) Kualitas
produk dengan frekuensi 53 (62%) kategori cukup. 3) Perpengaruhnya secara simultan
sebesar 48% terhadap loyalitas konsumen.
Kata kunci : Kualitas pelayanan dan Produk, Loyalitas konsumen, RnB Grill.
This research aimed at ascertaining: 1) The quality of services 2) The quality of products 3)
the consumer in loyalty rnb grill yogyakarta . The research is quantitative research .The study
is done at january 2016 - november 2017 . Cosumers population is 500 person. Technique
the sample collection use incidental sampling. This research make a Riduan and Kuncoro.
Consumer research sample areas as many as 85 . File collection method use the survey.
Instrument using the validity of the practical konstruk expert judgement , the validity of fill
with correlation product moment and the alfa cronbarch reabilitas use. The method of
analysis data it uses multiple regerensi with the probe f and t in timgkat significance
amounted to 5 % .The research results show that: 1) The quality of the services in the rnb
good category 84(99 %), 2) Over a grill , 53(62%) The product quality , 3) So that as much as
48 % simultaneous influence customer loyalty.
Keywords: Quality of Service and Product, Costumer Loyalty, RnB Grill
Full Text:
PDFReferences
Aryani, Dwi. 2009. Pengaruh Kualitas
layanan terhadap Kepuasan Pelanggan
dalam Membentuk Loyalitas Pelangga.
Jurnal Ilmu Administrasi dan
Organisasi. (Vol.17 No.2 2009)
Arzena, Deby Meigy. 2010. Pengaruh
Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan
Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas
Nasabah PT. Bank Mandiri Tbk
Cabang Muaro Padang. Jurnal
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Padang. (Vol. 18 No.1 2010)
Kotler. Philip. 2005. Manajamen Pemasaran.
Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok
Gramedia. Jakarta.
Kurniawati, D., Suharyono., Kusumawati, A
(2014). Pengaruh Citra Merek dan
Produk terhadap Kepuasan dan
Loyalitas Pelanggan. Jurnal
Administrasi Bisnis, Volume 14
Nomor 2 September 2014.
Lupiyoadi Rambat. 2001. Manajemen
Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Salemba
Empat.
Margaretha, (2003).Kualitas Pelayanan :
Teori dan Aplikasi. Penerbit Mandar
Maju, Jakarta.
Mangore, I.I., Lumanauw, B. dan Tielung,
M. 2015. Analisis Produk, Kualitas
Pelayanan dan Citra Merek Terhadap
Loyalitas Konsumen Tupperware
Manado. Jurnal EMBA, Juni 2015
Volume 3 Nomor 2, hal. 616-627.
Marsum.(1993). Restoran dan Segala
Permasalahannya.Yogyakarta : Andi
Offset.
Mushanto, Trisno. 2004. Faktor-faktor
kepuasan pelanggan dan Loyalitas
Pelanggan: Studi Kasus pada CV.
Media Advertising Surabaya. Jurnal
Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.
Pp. 123 – 136.
Riduan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2007.
Cara Menggunakan dan Memaknai
Sugiyono (2013). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management
Mewujudkan Layanan Prima.
Yogyakarta : Andi
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran.
Yogyakarta: Andi OFFSET
DOI: https://doi.org/10.21831/jcet.v7i1.11527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 E-Journal Student PEND. TEKNIK BOGA - S1