Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sumpiuh

Fadilatul Fajri, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sumpiuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non equivalent control group design.  Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumpiuh. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-A dan kelas X-B dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, angket, dan dokumentasi.  Pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, uji paired sample t test dan uji independent sample t test. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukan hasil yaitu:  (1) metode pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis;,dan (2) metode pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sumpiuh

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link