Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sumpiuh

Fadilatul Fajri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mukhamad Murdiono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis siswa; (2) mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sumpiuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non equivalent control group design.  Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumpiuh. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-A dan kelas X-B dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, angket, dan dokumentasi.  Pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, uji paired sample t test dan uji independent sample t test. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukan hasil yaitu:  (1) metode pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis;,dan (2) metode pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sumpiuh

Full Text:

PDF

References


Referensi Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD N Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719

Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33, 100584. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100584

Bonifatius Sigit Yuniharto, & Ana Fitrotun Nisa. (2022). Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 115–122. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.477

Chasanah, N., Musadad, A. A., & Pelu, M. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Sejarah. Jurnal Candi, 21(1), 16–30. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/view/56898

Dewi, E. K., & Jatiningsih, O. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap kemampuan Berpikir Kritis siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas X di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(3), 936–950. Retrivied from https://core.ac.uk/download/pdf/230709658.pdf

Elviana, P. S. O., & Murdiono, M. (2017). Pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran PKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 33–50. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14560

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois, 2(4), 1–8.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Fadillah, J. (2022). Studi Literatur : Pemanfaatan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4460–4468. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2795

Farliana, N., Setiaji, K., & Muktiningsih, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 56. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.16252

Haryani, U. S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas III SD Negeri Kotagede 4. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 82–87. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11305

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Ilmi, N. ilmiani, Nursalam, & Cn Sida, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Berpikir Kritis dan Motivasi Intrinsik Siswa pada Pembelajaran IPS SD Negeri Samata. Cendekiawan, 4(2), 117–127. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.268

Kartika, I. M., Mahendra, P. R. A., & Awa, V. (2020). Penerapan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jld.v1i1.359

Kilbane, C. R., & Milman, N. B. (2014). Teaching models designing instruction for 21st century learners. Pearson. Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. https://perpus.tasikmalayakab.go.id/opac/detail-opac?id=5635 Moon, & Jenifer. (2008). Critical Thinking An Ekploration of theory and practice. Routledge.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511

Nurma’ardi, H. D., & Kuswaty, M. (2023). Keefektifan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 3(4), 139–146. https://doi.org/10.53621/jider.v3i4.253

Nurma’ardi, H. D., Rusdarti, R., & Murwatiningsih, M. (2020). The Effectiveness Analysis of Discovery Learning Assisted by Interactive Video toward Social Study Critical Thinking Skills of Primary School. Journal of Primary Education, 9(3), 278–285. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37935

Pertiwi, S., & Samsuri, S. (2017). Pembentukan kompetensi ekologis dengan model pembelajaran kontekstual dan berbasis masalah dalam PPKn di SMP. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 154–165. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.14972

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1918

Pratiwi, I., & Mawardi. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 302–308. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49668

Pusparini, S. T., Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.04

Sardiman, A. P. (2018). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Prenamedia Group. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=qviDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Inovasi+Pendidikan+Melalui+Problem+Based+Learning &ots=Rn2u0Z_Jei&sig=lPezOv3RiLRqLcIOAoadVfIDy_M&redir_esc=y#v=onepage&q=Ino vasi%20Pendidikan%20Melalui%20Problem%20Based%20Learning&f=false

Setyowati, N., Harmanto, Wicaksono, V. D., Suwanda, I. M., Siswanto, H., Wibowo, T. W., Darni, Imron, A., & Aji, R. N. B. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan (11th ed.). Indomedia Pustaka.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=v_crEAAAQBAJ

Winarno. (2019). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes. 

Register link