Wordwall Sebagai Media Pembelajaran PPKn Berpengaruh Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMAN 1 Ngemplak
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA N 1 Ngemplak sehingga dapat dijadikan acuan kedepannya dalam memanfaatkan media pembelajaran wordwall untuk proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Ngemplak. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X dengan jumlah 128 peserta didik. Ukuran sampel penelitian sebanyak 64 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa pemanfaatan wordwall untuk kegiatan belajar mengajar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn, hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana, terdapat hubungan (R) sebear 0,466 yang emngandung pengertian bahwa pengaruh wordwall terhadap variabel minat belajar adalah sebesar 46,6%. Selanjutnya dibuktikan dengan perhitungan uji t, pada persamaan model variabel x (wordwall) memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian H1 diterima.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.