Wordwall Sebagai Media Pembelajaran PPKn Berpengaruh Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMAN 1 Ngemplak
Mukhamad Murdiono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran wordwall terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA N 1 Ngemplak sehingga dapat dijadikan acuan kedepannya dalam memanfaatkan media pembelajaran wordwall untuk proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Ngemplak. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X dengan jumlah 128 peserta didik. Ukuran sampel penelitian sebanyak 64 peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa pemanfaatan wordwall untuk kegiatan belajar mengajar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn, hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana, terdapat hubungan (R) sebear 0,466 yang emngandung pengertian bahwa pengaruh wordwall terhadap variabel minat belajar adalah sebesar 46,6%. Selanjutnya dibuktikan dengan perhitungan uji t, pada persamaan model variabel x (wordwall) memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian H1 diterima.
Full Text:
PDFReferences
Achru, A. 2019. Pengembangan minar belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idarah, 3(2), 205-215. Anisa, A. 2021. Pengembangan instrumen evaluasi berbasis Wordwall untuk mata pelajaran IPA SMP Kelas VII. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Danim, Sudarman. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabet Dariyo, A. 2013. Dasar-dasar pedagogi modern. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Darmadi. 2017. Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Depublish Fauzan, Z. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII MTsN 1 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas DiponegoroHartanto, Wiwin. 2016. Penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.1. No.1 Lestari, R. 2021. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun elajaran 2020/2021.” Jurnal Ilmiah Profesi Guru 02(02):1–6. Lestari. 2017. Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama. Nissa, S. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5). 2854-2860. Nurfadhilah, dkk.,. 2021. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(2). 243-255. Sardiman. 2012. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Situmorang, Komilie. 2021. Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. Slameto. 2010. Belajar dan fakor faktor yang mempengaruhi. Jakarta: rineka cipta. Wulandari. 2016. Pengembangan Media Pembelaharan Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X Di SMK N 3 Surabaya. Jurnal mahasiswa. Universitas negeri surabaya
DOI: https://doi.org/10.21831/agora.v13i4.22406
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.