Distro Sebagai Konstruksi Identitas Diri Remaja di Kabupaten Bantul
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui konstruksi identitas diri remaja dan bentuk identitas
yang di inginkan oleh remaja di Kabupaten Bantul dengan menggunakan produk distro. Metode
penelitian adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh remaja di Kabupaten
Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dan snowball throwing.
Subjek penelitian adalah remaja di Kabupaten Bantul yang menggunakan produk distro. Sumber
penelitian menggunakan sumber primer. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, terdiri dari reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja melihat
temannya menggunakan suatu pakaian yang dapat membuat temannya terlihat keren dan
dipandang lebih dalam pergaulannya. Mulai dari hal tersebut tertanam niat untuk mengikuti
dengan menggunakan produk distro. Maka remaja sudah mengkonsepkan atau menempatkan
dirinya sendiri dalam pandangan bahwa distro ini dapat meningkatkan identitas mereka. Bentuk
identitas remaja ini lebih terlihat percaya diri dalam kehidupan sehari-harinya, meneguhkan
siapa mereka, serta mengenal siapa
yang di inginkan oleh remaja di Kabupaten Bantul dengan menggunakan produk distro. Metode
penelitian adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh remaja di Kabupaten
Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample dan snowball throwing.
Subjek penelitian adalah remaja di Kabupaten Bantul yang menggunakan produk distro. Sumber
penelitian menggunakan sumber primer. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, terdiri dari reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja melihat
temannya menggunakan suatu pakaian yang dapat membuat temannya terlihat keren dan
dipandang lebih dalam pergaulannya. Mulai dari hal tersebut tertanam niat untuk mengikuti
dengan menggunakan produk distro. Maka remaja sudah mengkonsepkan atau menempatkan
dirinya sendiri dalam pandangan bahwa distro ini dapat meningkatkan identitas mereka. Bentuk
identitas remaja ini lebih terlihat percaya diri dalam kehidupan sehari-harinya, meneguhkan
siapa mereka, serta mengenal siapa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v6i7.9137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417