PENGARUH JARINGAN SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI PROGAM ILMU SOSIAL SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Kris Sakti Andrianto,

Abstract


Penelitian dilakukan untuk menguji dan mengetahui pengaruh jaringan sosial siswa
terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian
ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Data
penelitian diperoleh dari sampel yang mewakili populasi dari obyek penelitian. Sampel
dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling. Sampel
yang terpilih berjumlah 72 siswa SMA Negeri 5 Purworejo meliputi kelas XI IIS 1, XI
IIS 2, dan XI IIS 3. Pengumpulan data nilai dengan dokumentasi berkas dari pihak
sekolah dan angket tertutup yang terdiri dari 29 butir pernyataan digunakan untuk
memperoleh data jaringan sosial siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi
linier sederhana dan ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, dan pie chart. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial siswa memiliki pengaruh positif terhadap
prestasi belajar sosiologi dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (rxy) yaitu  rhitung >
rtabel (0,330 > 0,235) dengan nilai t yaitu thitung > ttabel (2,926 > 1,1994). Jaringan sosial
siswa memberikan pengaruh sebesar 10,9% terhadap prestasi belajar sosiologi kelas XI
progam Ilmu Sosial SMA Negeri 5 Purworejo.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v6i4.9107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417