Perilaku Konsumtif Pada Produk Replika (Counterfeit Product) sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perilaku konsumtif terhadap produk replika
sebagai gaya hidup mahasiswa UNY, meliputi bentuk perilaku konsumtif pada produk
replika, alasan yang melatarbelatarbelakangi perilaku berlebih dalam berkonsumsi produk
replika yang berdampak pada lahirnya gaya hidup konsumtif. Kajian tentang perilaku
konsumtif pada produk replika di UNY ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan
berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain menggunakan teknik
purposive sampling, peneliti juga menggunakan teknik snowball sampling untuk memilih
informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data pada
penelitian ini diperkuat dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
bentuk perilaku yang ditunjukkan mahasiswa dalam berkonsumsi adalah sadar dan
mengetahui tentang produk replika yang dibelinya. Alasan mahasiswa lebih memilih
konsumtif pada produk replika karena adanya apresiasi dan penghargaan dalam
berpenampilan dari mahasiswa lain. Mayoritas informan menyampaikan faktor yang berperan
dominan dalam melakukan konsumsi ialah teman sebaya dimana pergaulan saat ini menuntut
mahasiswa untuk selalu bisa mengikuti trend yang tengah berkembang melalui interaksi
dengan teman sebaya. Dengan mengikuti arus fashion dan trend yang berkembang, seorang
mahasiswa dianggap mampu meningkatkan citra diri yang menjadi identitas bagi dirinya
dimana hal ini akan berdampak pada tingkat kepercayaan diri dan mampu merefleksikan
status sosialnya.
sebagai gaya hidup mahasiswa UNY, meliputi bentuk perilaku konsumtif pada produk
replika, alasan yang melatarbelatarbelakangi perilaku berlebih dalam berkonsumsi produk
replika yang berdampak pada lahirnya gaya hidup konsumtif. Kajian tentang perilaku
konsumtif pada produk replika di UNY ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan
berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Selain menggunakan teknik
purposive sampling, peneliti juga menggunakan teknik snowball sampling untuk memilih
informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Validitas dan reliabilitas data pada
penelitian ini diperkuat dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
bentuk perilaku yang ditunjukkan mahasiswa dalam berkonsumsi adalah sadar dan
mengetahui tentang produk replika yang dibelinya. Alasan mahasiswa lebih memilih
konsumtif pada produk replika karena adanya apresiasi dan penghargaan dalam
berpenampilan dari mahasiswa lain. Mayoritas informan menyampaikan faktor yang berperan
dominan dalam melakukan konsumsi ialah teman sebaya dimana pergaulan saat ini menuntut
mahasiswa untuk selalu bisa mengikuti trend yang tengah berkembang melalui interaksi
dengan teman sebaya. Dengan mengikuti arus fashion dan trend yang berkembang, seorang
mahasiswa dianggap mampu meningkatkan citra diri yang menjadi identitas bagi dirinya
dimana hal ini akan berdampak pada tingkat kepercayaan diri dan mampu merefleksikan
status sosialnya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i6.4029
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417