GAYA BUSANA MUSLIMAH DALAM KONSUMSI TANDA

Enggar Rustyafuri,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Busana Muslimah  dalam Konsumsi Tanda yang
meliputi  perilaku  berbelanja  busana  Muslimah,  makna  busana  Muslimah  Syar’i,  serta  konsumsi  tanda
pada  busana  Muslimah.  Kajian  tentang   gaya  busana  muslimah  dalam  konsumsi  tanda  menggunakan
metode  kualitatif  deskriptif  dengan  informan  Muslimah  yang  berbelanja  di  Toko  Fashion  Islam  dan
berbusana Muslimah. Proses analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles dan Huberman,
mulai dari pengumpulan data,  reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan.   Hasil
penelitian  mengenai  Gaya  Busana  Muslimah  dalam  Konsumsi  Tanda  ada  dua  hal.  Pertama  terdapat  4
tanda  yang ada dalam konsumsi busana muslimah  yaitu tanda modis, tanda sosial, tanda i dentitas, dan
tanda kesejahteraan. (1) Tanda modis berkaitan dengan konsumsi busana muslimah dapat menampilkan
citra  perempuan  yang  modis  ketika  mengenakan  busana  muslim.  (2)  Tanda  sosial  berkaitan  dengan
konsumsi  busana  muslimah  digunakan  untuk  membangun  hubungan  dengan  lingkungan  sosialnya.  (3)
Tanda  Identitas  berkaitan  dengan  konsumsi  busana  muslimah  dapat  menunjukkan  identitas  individu
seperti  agama,  kelas,  maupun  ideologi  yang  dianut  (4)  Tanda  Kesejahteraan  dengan  konsumsi  busana
muslimah dapat menunjukkan seberapa besar materi ataupun kelas sosial perempuan muslimah berada.
Kedua busana muslimah pada akhirnya dikonsumsi tidak semata-mata berdasar fungsi pokoknya sebagai
penutup aurat namun berdasarkan empat tanda tersebut. Sehingga konsumsi busana muslimah tidak lagi
berdasarkan atas ketaatan beragama namun pemenuhan hasrat belanja.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i6.4022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417