GAYA BUSANA MUSLIMAH DALAM KONSUMSI TANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Busana Muslimah dalam Konsumsi Tanda yang
meliputi perilaku berbelanja busana Muslimah, makna busana Muslimah Syar’i, serta konsumsi tanda
pada busana Muslimah. Kajian tentang gaya busana muslimah dalam konsumsi tanda menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan informan Muslimah yang berbelanja di Toko Fashion Islam dan
berbusana Muslimah. Proses analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles dan Huberman,
mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian mengenai Gaya Busana Muslimah dalam Konsumsi Tanda ada dua hal. Pertama terdapat 4
tanda yang ada dalam konsumsi busana muslimah yaitu tanda modis, tanda sosial, tanda i dentitas, dan
tanda kesejahteraan. (1) Tanda modis berkaitan dengan konsumsi busana muslimah dapat menampilkan
citra perempuan yang modis ketika mengenakan busana muslim. (2) Tanda sosial berkaitan dengan
konsumsi busana muslimah digunakan untuk membangun hubungan dengan lingkungan sosialnya. (3)
Tanda Identitas berkaitan dengan konsumsi busana muslimah dapat menunjukkan identitas individu
seperti agama, kelas, maupun ideologi yang dianut (4) Tanda Kesejahteraan dengan konsumsi busana
muslimah dapat menunjukkan seberapa besar materi ataupun kelas sosial perempuan muslimah berada.
Kedua busana muslimah pada akhirnya dikonsumsi tidak semata-mata berdasar fungsi pokoknya sebagai
penutup aurat namun berdasarkan empat tanda tersebut. Sehingga konsumsi busana muslimah tidak lagi
berdasarkan atas ketaatan beragama namun pemenuhan hasrat belanja.
meliputi perilaku berbelanja busana Muslimah, makna busana Muslimah Syar’i, serta konsumsi tanda
pada busana Muslimah. Kajian tentang gaya busana muslimah dalam konsumsi tanda menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan informan Muslimah yang berbelanja di Toko Fashion Islam dan
berbusana Muslimah. Proses analisis data penelitian menggunakan model interaktif Miles dan Huberman,
mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian mengenai Gaya Busana Muslimah dalam Konsumsi Tanda ada dua hal. Pertama terdapat 4
tanda yang ada dalam konsumsi busana muslimah yaitu tanda modis, tanda sosial, tanda i dentitas, dan
tanda kesejahteraan. (1) Tanda modis berkaitan dengan konsumsi busana muslimah dapat menampilkan
citra perempuan yang modis ketika mengenakan busana muslim. (2) Tanda sosial berkaitan dengan
konsumsi busana muslimah digunakan untuk membangun hubungan dengan lingkungan sosialnya. (3)
Tanda Identitas berkaitan dengan konsumsi busana muslimah dapat menunjukkan identitas individu
seperti agama, kelas, maupun ideologi yang dianut (4) Tanda Kesejahteraan dengan konsumsi busana
muslimah dapat menunjukkan seberapa besar materi ataupun kelas sosial perempuan muslimah berada.
Kedua busana muslimah pada akhirnya dikonsumsi tidak semata-mata berdasar fungsi pokoknya sebagai
penutup aurat namun berdasarkan empat tanda tersebut. Sehingga konsumsi busana muslimah tidak lagi
berdasarkan atas ketaatan beragama namun pemenuhan hasrat belanja.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i6.4022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417