HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
partisipasi orang tua dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi orang tua berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa
SMA Negeri 1 Karanganom. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan pada
aspek kognitif memiliki nilai t
hitung > ttabel
(4,240 > 1,980) dan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,408, pada aspek psikomotorik memiliki thitung
> ttabel
(5,017 >
1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,467, dan pada aspek afektif memiliki
nilai t
hitung > ttabel (3,579 > 1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,353. 2).
Partisipasi orang tua memberikan pengaruh 15,7% pada prestasi belajar aspek
kognitif, 21% pada prestasi belajar aspek psikomotorik, dan 11,5% pada prestasi
belajar aspek afektif siswa SMA Negeri 1 Karanganom. Berdasarkan penelitian
tersebut, sekolah dan orang tua dari siswa SMA Negeri 1 Karanganom perlu lebih
menggiatkan partisipasi orang tua agar prestasi belajar yang diraih siswa dapat
lebih optimal baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
partisipasi orang tua dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa: 1) Partisipasi orang tua berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa
SMA Negeri 1 Karanganom. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan pada
aspek kognitif memiliki nilai t
hitung > ttabel
(4,240 > 1,980) dan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,408, pada aspek psikomotorik memiliki thitung
> ttabel
(5,017 >
1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,467, dan pada aspek afektif memiliki
nilai t
hitung > ttabel (3,579 > 1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,353. 2).
Partisipasi orang tua memberikan pengaruh 15,7% pada prestasi belajar aspek
kognitif, 21% pada prestasi belajar aspek psikomotorik, dan 11,5% pada prestasi
belajar aspek afektif siswa SMA Negeri 1 Karanganom. Berdasarkan penelitian
tersebut, sekolah dan orang tua dari siswa SMA Negeri 1 Karanganom perlu lebih
menggiatkan partisipasi orang tua agar prestasi belajar yang diraih siswa dapat
lebih optimal baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i6.4020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417