PENGEMBANGAN LABORATORIUM PENDIDIKAN SOSIOLOGI, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Nico Fergiono,

Abstract


Laboratorium Pendidikan Sosiologi merupakan salah satu sumber belajar yang ada di Jurusan
Pendidikan  Sosiologi,  Fakultas  Ilmu  Sosial,  Universitas  Negeri  Yogyakarta.  Laboratorium  ini
sengaja didirikan sebagai salah satu sumber belajar yang berguna untuk membantu mahasiswa
dalam  proses  pembelajaran  dan  aktivitas  belajar  mahasiswa,  meskipun  bernama  laboratorium
namun  Laboratorium  Pendidikan  Sosiologi  lebih  seperti  perpustakaan.  Penelitian  ini  bertujuan
untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan Laboratorium Pendidikan Sosiologi agar dapat
menunjang  proses  pembelajaran  dan  aktivitas  belajar  mahasiswa  pendidikan  sosiologi,  serta
hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaannya.
Penelitian  ini  menggunakan  metode  penelitian  kualitatif  dengan  sumber  data  primer  dan
sumber  data  sekunder.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  wawancara  semi
terstruktur,  observasi  partisipan,  dokumentasi,  dan  studi  pustaka.  Teknik  sampling  yang
digunakan adalah purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi  sumber  dan  analisis  datanya  menggunakan  analisis  model  interaktif  Miles  dan
Huberman.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  Laboratorium  Pendidikan  Sosiologi  sudah  melakukan
pengembangan  guna  memenuhi  tuntutannya,  hal  itu  selaras  dengan  pelayanan  yang  diberikan
oleh  Laboratorium  Pendidikan  Sosiologi  dalam  proses  pembelajaran  dan  aktivitas  belajar
mahasiswa  pendidikan  sosiologi  yang  ditunjukan  dengan  fasilitas  koleksi  referensi,  koleksi
media  pembelajaran,  jaringan  internet  yang  cepat,  komputer  yang  bisa  digunakan  pengunjung,
koleksi  skripsi  yang  cukup  banyak,  tempat  berdiskusi  dan  ramahnya  pelayanan  dari  pengurus
membuat  laboratorium  sudah  berusaha  mengembangkan  pelayanannya.  Terbukti  dengan
banyaknya  anggapan  mahasiswa  tentang  manfaat  laboratorium  bagi  mereka.  Peranan
laboratorium  bagi  mahasiswa  diantaranya  adalah  mahasiswa  pernah  melakukan  kegiatan
pembelajaran  di  dalam  laboratorium,  banyak  mahasiswa  yang  mengerjakan  tugas,  berdiskusi,
membaca  buku,  mencari  referensi  skripsi,  meminjam  buku,  mencari  jurnal,  dan  mencari  buku
elektronik  lewat  jaringan  internet  yang  disediakan.  Dalam  pelaksanaanya  tentu  ada  hambatan
yang  menyebabkan  peranan  laboratorium  dalam  proses  pembelajaran  dan  aktivitas  belajar
mahasiswa menjadi kurang optimal seperti ruangan yang sempit, pendingin ruangan yang sering
rusak,  suasana  yang  ramai,  referensi  kurang  lengkap  dan  lain-lain,  tetapi  tidak  bisa
dikesampingkan bahwa terdapat pula faktor yang mendukung peranan Laboratorium Pendidikan
Sosiologi  dalam  proses  pembelajaran  dan  penunjang  aktivitas  belajar  mahasiswa  pendidikan
sosiologi  seperti,  akses  internet  yang  cepat,  komputer  untuk  pengunjung, printer,  scaner,  dan
tempat untuk berdiskusi lintas angkatan .

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i4.3962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417