PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP PEMENUHAN PENDIDIKAN FORMAL ANAK PADA KELUARGA PETANI INDONESIA
Adi Cilik Pierewan, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil analisis yang dapat menjelaskan secara akurat bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap pemenuhan pendidikan formal anak pada keluarga petani di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) edisi ke-5. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan software analisis statistik R Studio versi 3.1.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi terkait pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap pemenuhan pendidikan formal anak pada keluarga petani menyebutkan bahwa skor estimasi sebesar 0.163490 dengan skor Pr(>|t|) sebesar < 2e-16***. Hal ini mengandung arti bahwa setiap peningkatan pada variable kondisi sosial ekonomi maka secara signifikan akan memprediksi peningkatan 0.163490 pada variable pemenuhan pendidikan anak petani.
Keywords
kondisi sosial ekonomi, pendidikan, petani
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v10i2.17155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417