PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA PADA KELUARGA DI DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN

Sakinah Anggun Estikawati, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Nur Hidayah, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Aris Martiana, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya urgensi pelaksanaan pendidikan mitigasi bencana di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan dampak sosial budaya pendidikan mitigasi bencana pada keluarga di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dengan model analisis data interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian pendidikan mitigasi bencana pada keluarga di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan bahwa pelaksanaan pendidikan mitigasi di keluarga cukup efektif untuk menumbhkan budaya tanggap bencana pada masyarakat sejak dini melalui keluarga. Materi yang disampaikan mencakup tindakan mengenali tanda alam sebelum erupsi, menunjukkan tempat dan jalur evakuasi, mempersiapkan dokumen penting, cara melindungi diri, mengenalkan daerah bahaya, hingga mengajak anak membersihkan lingkungan dari material vulkanik dengan memanfaatkan media koran serta obyek langsung dalam pembelajaran.

Keywords


Pendidikan Mitigasi Bencana, Keluarga, Kepuharjo

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v10i1.17141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417