PERAN MODAL SOSIAL DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ANDONG, BOYOLALI

Mardika Novianti, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Siti Irene Astuti, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan modal sosial yang belum banyak digunakan
membangun citra sekolah yaitu modal sosial, makna citra  dan peran modal sosial dalam
membangun citra sekolah di SMA Negeri 1 Andong. Penelitian menggunakan metode
kualitatif diskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan
jumlah informan tujuh orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi
dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis data Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa
modal sosial di SMA Negeri 1 Andong adalah jaringan, norma, kepercayaan dan keterlibatan
masyarakat. Makna citra sekolah bagi SMA Negeri 1 Andong adalah sebuah identitas yang
dianggap penting dimiliki oleh institusi pendidikan. Citra sekolah yang sedang dibangun oleh
SMA Negeri 1 Andong adalah citra Sekolah OSN, Literasi dan budaya. Peran modal sosial
sebagai upaya untuk membangun citra sekolah adalah dengan pemanfaatan modal sosial dalam
berbagai program yang dilaksanakan seperti program berkaitan dengan kegiatan akademik atau
non-akademik.

Kata kunci : Peran, Modal Sosial, Citra Sekolah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v9i1.15777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417