PENERAPAN ICEBREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI X IIS 3 SMAN 1 PUNDONG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran sosiologi menggunakan Icebreaking pada siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1
Pundong Bantul tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart.
Penelitian yang digunakan terdiri atas dua siklus yang setiap siklus meliputi perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pundong Bantul.
Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 25 siswa. Objek dalam penelitian
ini yaitu Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap guru dan angket
pendapat siswa. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Icebreaking dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X IIS 3 SMAN 1
Pundong tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil rata-rata angket
motivasi belajar siswa. Hasil nilai rata-rata angket motivasi belajar siswa pada pra siklus
adalah 70,32%, pada siklus I (pertama) mendapatkan rata-rata 73,99% dan mengalami
peningkatan pada siklus II (kedua) menjadi 80,12%. Sedangkan untuk hasil observasi juga
mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu dari 50,00% pra siklus yang tergolong
rendah , kemudian pada siklus I (pertama) 62,50% yang tergolong cukup sedangkan di siklus
II (kedua) sebesar 75,00% yang tergolong Tinggi.
Kata Kunci: Motivasi, Icebreaking Pembelajaran Sosiologi
pelajaran sosiologi menggunakan Icebreaking pada siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1
Pundong Bantul tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian
Tindakan Kelas (classroom action research) menggunakan model spiral Kemmis & Taggart.
Penelitian yang digunakan terdiri atas dua siklus yang setiap siklus meliputi perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pundong Bantul.
Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IIS 3 yang berjumlah 25 siswa. Objek dalam penelitian
ini yaitu Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap guru dan angket
pendapat siswa. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Icebreaking dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran sosiologi kelas X IIS 3 SMAN 1
Pundong tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil rata-rata angket
motivasi belajar siswa. Hasil nilai rata-rata angket motivasi belajar siswa pada pra siklus
adalah 70,32%, pada siklus I (pertama) mendapatkan rata-rata 73,99% dan mengalami
peningkatan pada siklus II (kedua) menjadi 80,12%. Sedangkan untuk hasil observasi juga
mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu dari 50,00% pra siklus yang tergolong
rendah , kemudian pada siklus I (pertama) 62,50% yang tergolong cukup sedangkan di siklus
II (kedua) sebesar 75,00% yang tergolong Tinggi.
Kata Kunci: Motivasi, Icebreaking Pembelajaran Sosiologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v8i5.15727
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417