PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS HTML5 PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI
Grendi Hendrastomo, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyaka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi mobile
learning berbasis HTML5 pada mata pelajaran sosiologi dan mengetahui kelayakan media
pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan
(research and development) yang mengadopsi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation
(implementasi), dan evaluation (evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap development
(pengembangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berupa
aplikasi mobile learning berbasis HTML5 dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap, tahap design, serta
tahap development (pengembangan). Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan
semua tahap penilaian yang dilakukan dari ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran, dan peserta
didik mendapatkan hasil penilaian dengan rata-rata skor 4,08 yang termasuk dalam kategori layak.
Media pembelajaran berupa aplikasi mobile learning berbasis HTML5 ini merupakan alternatif media
pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sosiologi.
Kata kunci: media pembelajaran, mobile learning, HTML5, sosiologi
learning berbasis HTML5 pada mata pelajaran sosiologi dan mengetahui kelayakan media
pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan
(research and development) yang mengadopsi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation
(implementasi), dan evaluation (evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap development
(pengembangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berupa
aplikasi mobile learning berbasis HTML5 dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap, tahap design, serta
tahap development (pengembangan). Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan
semua tahap penilaian yang dilakukan dari ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran, dan peserta
didik mendapatkan hasil penilaian dengan rata-rata skor 4,08 yang termasuk dalam kategori layak.
Media pembelajaran berupa aplikasi mobile learning berbasis HTML5 ini merupakan alternatif media
pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sosiologi.
Kata kunci: media pembelajaran, mobile learning, HTML5, sosiologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v8i3.15701
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417