KONTRIBUSI STATUS SOSIAL-EKONOMI ORANG TUA PADA ASPIRASI PENDIDIKAN ANAK
Adi Cilik Pierewan, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh status sosial-ekonomi orang tua pada tingkat aspirasi Pendidikan pada masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel status sosial-ekonomi (pendidikan orang tua, status pekerjaan orang tua dan pendapatan orang tua), aspirasi pendidikan anak, jenis kelamin anak, dan tempat tinggal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan semakin tinggi pendidikan orang tua, semakin tinggi pula aspirasi pendidikan anaknya. Sejalan dengan pendidikan orang tua, status pekerjaan orang tua juga berpengaruh berpengaruh signifikan pada aspirasi pendidikan anak, dimana orang tua yang tidak bekerja akan memiliki aspirasi pendidikan anak yang rendah dan orang tua yang bekerja akan memiliki aspirasi pendidikan anak yang lebih tinggi dibanding dengan orang tua yang tidak bekerja ataupun mengurus rumah tangga. Selanjutnya, pendapatan orang tua juga mempunyai pengaruh signifikan pada aspirasi pendidikan anak, semakin
tinggi pendapatan orang tua akan semakin tinggi pula aspirasi pendidikan pada anaknya. Variabel jenis kelamin anak perempuan menghasilkan pengaruh positif walaupun pengaruh nya tidak terlalu besar, tetapi berpengaruh signifikan. Begitu juga dengan tempat tinggal, dalam hasil regresi, kota mempunyai pengaruh signifikan positif.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi, Aspirasi Pendidikan Anak, Jenis Kelamin Anak,
Tempat Tinggal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i4.12560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417