POPULARITAS BARBERSHOP DAN KESADARAN FESYEN MAHASISWA YOGYAKARTA

Alvin Dwi Sasmara, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
V. Indah Sri Pinasti, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana barbershop dapat
menjadi jasa fesyen populer, peran, dan dampak terhadap kesadaran fesyen
mahasiswa Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan
informan penelitian ini menggunakan kombinasi teknik purposive dan snowball
sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penelitian menggunakan analisis data interaktif  milik Huberman dan
Miles. Validitas data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa popularitas barbershop disebabkan adanya tren gaya rambut yaitu gaya
rambut klasik. Tren gaya rambut klasik juga didukung oleh media. Pelaku usaha
pangkas rambut di Yogyakarta melihat tren ini sebagai peluang bisnis.  Popularitas
didukung oleh sosok publik figur dan gaya hidup yang semakin berkembang. Peran
barbershop dalam membangun kesadaran fesyen kalangan mahasiswa :
(1)barbershop mengenalkan gaya rambut populer (2)barbershop membantu
mewujudkan keinginan fesyen, (3)melahirkan penampilan ideal, dan (4)tampil
maskulin. Dampak positif popularitas: (1)fesyen rambut sebagai prioritas,
(2)pengetahuan tentang fesyen menjadi lebih baik, (3)mahasiswa semakin
memperhatikan penampilan rambut, dan (4)tren pomade, dan dampak negatifnya :
(1)perilaku konsumtif dan (2)tergusurnya pasar pangkas rambut.

Kata Kunci : Popularitas,Barbershop, dan, Fesyen

Full Text:

Download PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v7i1.12376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417