Pola Praktik Kerja Lapangan Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan
Drs. Bada Haryadi, M. Pd., , Indonesia
Abstract
Pola Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah suatu model atau bentuk penyelenggaraan program sekolah untuk melaksanakan pembelajaran disekolah dan juga di DU/DI. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pola, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian PKL di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan. Sedangkan objek penelitian ini adalah pola PKL SMK Negeri 1 Seyegan. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pola PKL program keahlian TGB SMK Negeri 1 Seyegan dibagi menjadi 3 tahap yaitu (1) perencanaan yang didalamnya ada serangkaian tahap yaitu (a) penyusunan agenda PKL. (b) pendataan DU/DI. (c) pengajuan ijin ke DU/DI. (d) respon DU/DI. (e) pembagian guru pembimbing. (f) pembekalan PKL (g) penyerahan siswa ke DU/DI. (2) pelaksanaan (a) pelaksanaan PKL. (b) pembuatan jurnal. (c) monitoring guru pembimbing. (3) penilaian (a) penilaian DU/DI (b) penarikan dari DU/DI. Hasil penilaian siswa pada pola PKL dan implementasinya program keahlian TGB SMK Negeri 1 Seyegan adalah (1) tahap perencanaan, pola perencanaan dan implementasi dipersepsi baik dengan skor persentase (79,24%) dan (72,81%). (2) tahap pelaksanaan, pola pelaksanaan dan implementasi dipersepsi baik dengan skor persentase (75,35%) dan (75,06%). (3) penilaian. Pola penilaian dipersepsi cukup dengan skor persentase (59,21%) dan implementasi dipersepsi baik dengan skor persentase (72,37%).
Full Text:
PDFReferences
Darmono, Husaini Usman dan Bambang Sugetiyadi. (2014). Model Implementasi Praktik Kerja Industri Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Artikel Ilmiah Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Depdiknas RI
Kemendikbud. (2017). Strategi Implementasi Revitalisasi SMK (Seni Pengelolaan Sekolah Modern). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
________. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
________. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Nasional Pendidikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.