PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM SEKOLAH YESUIT DI SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan pendidikan kepemimpinan dalam sekolah Yesuit di SMA Kolese De
Britto Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dilakukan triangulasi sumber untuk memastikan
keabsahan data. Hasil penelitian (1) Komponen pendidikan kepemimpinan terdiri dari tujuan pendidikan De
Britto dalam visi misi sekolah, peran pendidik menjadi teladan, dan menjadi fasilitator pendidikan dan
lingkungan sebagai sarana prasarana; (2) Proses pendidikan yaitu menginputkan value kepemimpinan
Ignasian melalui pengalaman, refleksi, dan aksi dalam setiap pendidikan akademik dan non akademik yang
menekankan nilai 3C+1L; (3) Faktor pendukung yaitu dukungan dari setiap elemen sekolah yang memahami
visi sekolah dan melaksanakan program sekolah, dan faktor penghambat secara teknis seperti keluhan
orangtua, dan kurangnya keselarasan program sekolah dan dinas; (4) Hasil pendidikan kepemimpinan di
SMA Kolese De Britto yaitu perkembangan pola pikir untuk berbuat baik, keberanian mengemukakan
pendapat, kebebasan yang bertanggungjawab, kepedulian dengan sesama, selalu refleksi diri.
Kata kunci : Pendidikan Kepemimpinan, Pendidikan Ignasian, Leader of Service
Penelitian ini mendeskripsikan pendidikan kepemimpinan dalam sekolah Yesuit di SMA Kolese De
Britto Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dilakukan triangulasi sumber untuk memastikan
keabsahan data. Hasil penelitian (1) Komponen pendidikan kepemimpinan terdiri dari tujuan pendidikan De
Britto dalam visi misi sekolah, peran pendidik menjadi teladan, dan menjadi fasilitator pendidikan dan
lingkungan sebagai sarana prasarana; (2) Proses pendidikan yaitu menginputkan value kepemimpinan
Ignasian melalui pengalaman, refleksi, dan aksi dalam setiap pendidikan akademik dan non akademik yang
menekankan nilai 3C+1L; (3) Faktor pendukung yaitu dukungan dari setiap elemen sekolah yang memahami
visi sekolah dan melaksanakan program sekolah, dan faktor penghambat secara teknis seperti keluhan
orangtua, dan kurangnya keselarasan program sekolah dan dinas; (4) Hasil pendidikan kepemimpinan di
SMA Kolese De Britto yaitu perkembangan pola pikir untuk berbuat baik, keberanian mengemukakan
pendapat, kebebasan yang bertanggungjawab, kepedulian dengan sesama, selalu refleksi diri.
Kata kunci : Pendidikan Kepemimpinan, Pendidikan Ignasian, Leader of Service
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i4.9258
Refbacks
- There are currently no refbacks.