IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPENGAWASAN GURU SEKOLAH DASAR DI UPT SIDOHARJO WONOGIRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi kebijakan kepengawasan guru
sekolah dasar di UPT Sidoharjo Wonogiri, yang isinya tentang bagaimana implementasi kebijakan
kepengawasan guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Subjek
penelitian ini adalah pengawas sekolah dan guru. Setting penelitian dilakukan di UPT Sidoharjo. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
model interaktif atau berkaitan satu sama yang lain sehingga data yang diperoleh jenuh, yaitu dengan
tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik
trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi kepengawasan
guru sekolah dasar dengan cara pengawas membina guru, menilai guru dan meningkatkan profesionalisme
guru, (2) implementasi kebijakan kepengawasan guru sekolah dasar sebagai berikut: (a) komunikasi antara
pengawas sekolah dengan guru di UPT Sidoharjo guru kesulitan memahami informasi yang diberikan
pengawas, sehingga permasalahan belum terselesaikan,(b) sumber daya pengawas sekolah dasar di UPT
Sidoharjo tidak sebanding dengan jumlah guru, sehingga pengawas datang ke sekolah sebulan sekali,(c)
sikap dari pengawas sekolah dalam melaksanakan kebijakan tersebut hanya melakukan kegiatannya sesuai
jadwal dan tidak ada tambahan di luar jadwal datang ke sekolah binaan (d) struktur birokrasi dalam
kebijakan kepengawasan guru sekolah dasar secara garis besar sudah sesuai dengan peraturan menteri
pendidikan.
Kata kunci: Implementasi kebijakan, pengawas sekolah, dan guru sekolah dasar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i3.9249
Refbacks
- There are currently no refbacks.