IMPLEMENTASI TRILOGI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMAN SISWA YOGYAKARTA

Lilik Nugroho, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Kepemimpinan Pendidikan
Menurut Ki Hadjar Dewantara Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif kualitatif. Setting Penelitian di SD Taman Muda Ibu
Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil
penelitian tentang Implementasi Kepemimpinan Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Di SD Taman
Muda Ibu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta, di tarik kesimpulan: 1) Penerapan kepemimpinan Ki
Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Tamansiswa menerapkan sistem among sebagai sistem pendidikan
yang didasarkan asas kemerdekaan dan kodrat alam yang selanjutnya dikembangkan menjadi lima asas
pokok yang disebut Pancadarma Taman Siswa yang meliputi asas kemerdekaan/ kebebasan, asas kodrat
alam, asas kebudayaan, asas kebangsaan dan asas kemanusiaan. 2) Hambatan yang ditemui dalam
menerapkan kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara terdapat dua faktor yang diantaranya adalah faktor
internal atau faktor yang berasa dari dalam sekolah dan faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar
sekolah. faktor yang bersal dari dalam sekolah meliputi sumber daya manusia dalam hal ini pendidik/ guru,
sarana dan prasarana yang disediakan sekolah, dan kemampuan siswa itu sendiri. 3) Upaya sekolah untuk
mengatasai beberapa hambatan adalah dengan mengembangkan sumber daya manusia dalam hal ini
pendidik atau guru melalui pembinaan, diklat pendidikan, dan pemberian tugas tambahan bagi guru.

Kata kunci: implementasi, trilogi kepemimpinan, pendidikan Ki Hadjar Dewantara


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i3.9247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics