IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru implementasi peningkatan kompetensi guru dan faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru di UPT DISDIKPORA Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala UPT DISDIKPORA, Kepala Sekolah, dan Guru di UPT DISDIKPORA Kecamatan candimlyo. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kebijakan peningkatan kompetensi guru. Setting dalam penelitian ini adalah UPT DISDIKPORA Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap awal persiapan implementasi kebijakan
peningkatan guru di UPT DISDIKPORA Kecamatan Candimulyo dilakukan mulai dengan
dilakukannya musayawarah yang melibatkan seluruh pegawai UPT, kepala sekolah, dan forum komite. Musyawarah menghasilkan program yang akan dijalankan dalam satu semester, personil yang
bertanggung jawab, dan persiapan sarana dan prasarana. Pelaksanaan kebijakan peningkatan kompetensi terwujud dalam bentuk program-program sebagai berikut : workshop, kelompok kerja guru (KKG), pembinaan, santapan rohani, kursus komputer, dan beasiswa studi. Faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru di UPT DISDIKPORA ada dua yaitu faktor pendukung dan penghambat : a) Faktor Pendukung dalam implementasi kebijakan peningkatan
kompetensi guru ini yaitu : peran Kepala UPT yang bertanggung jawab penuh dalam setiap kegiatan. Selain itu komunikasi yang baik antara guru dan pihak UPT, dan respon positif dari guru terhadap beberapa kegiatan peningkatan kompetensi juga mendukung kesuksesan implementasi, dan b) Faktor Penghambat dalam implementasi kebijakan peningkatan kompetensi guru ini yaitu : guru kurang
menguasai TIK, Jauhnya jarak tempuh guru ke sekolah, rendahnya minat guru dalam kegiatan yang
menggunakan biaya pribadi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i2.8837
Refbacks
- There are currently no refbacks.