PENINGKATAN BUDAYA MEMBACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIRIPENI KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui upaya sekolah dalam meningkatkan budaya membaca peserta
didik di SD Negeri Giripeni, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan budaya
membaca peserta didik di SD Negeri Giripeni. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) upaya sekolah dalam
meningkatkan budaya membaca peserta didik dengan cara mengadakan kerjasama dengan Kantor
Perpusatakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo berupa layanan perpustakaan keliling. (2) faktor pendukung
dalam meningkatkan budaya membaca berupa dukungan dari orang tua dengan memberikan contoh yang baik
kepada anaknya selama dirumah, dan adanya dukungan dari intern sekolah dengan memberikan motivasi kepada
para peserta didik. yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan budaya membaca adalah perpustakaan
sekolah yang masih perlu dikembangkan.
didik di SD Negeri Giripeni, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan budaya
membaca peserta didik di SD Negeri Giripeni. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) upaya sekolah dalam
meningkatkan budaya membaca peserta didik dengan cara mengadakan kerjasama dengan Kantor
Perpusatakaan dan Arsip Kabupaten Kulon Progo berupa layanan perpustakaan keliling. (2) faktor pendukung
dalam meningkatkan budaya membaca berupa dukungan dari orang tua dengan memberikan contoh yang baik
kepada anaknya selama dirumah, dan adanya dukungan dari intern sekolah dengan memberikan motivasi kepada
para peserta didik. yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan budaya membaca adalah perpustakaan
sekolah yang masih perlu dikembangkan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i1.8828
Refbacks
- There are currently no refbacks.