ANALISIS KEBIJAKAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI DINAS PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai analisis kebijakan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul. Analisis kebijakan ini terkait proses kebijakan dan pendekatan perumusan kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala bidang sekolah dasar, koordinator, dan staff Tim Pembina UKS. Objek penelitian adalah data mengenai kebijakan UKS khususnya tentang perumusan kebijakan UKS. Data diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan: 1) kebijakan UKS di Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul adalah Pembentukan Tim Pembina UKS dan tiga program kerja UKS yaitu Program Lomba Sekolah Sehat, Lomba Dokter Kecil, dan Program Pemberian Susu untuk Anak SD/Mi, 2) Tahap Analisis kebijakan UKS ketiga program tersebut terdiri atas: a) Penyusunan agenda kegiatan. Pendekatan perumusan kebijakan yang digunakan adalah man-power approach; b) Formulasi kegiatan untuk ketiga program dilakukan oleh pemerintah pusat, dinas sebagai pelaksana. Pendekatan perumusan kebijakan yang digunakan adalah man-power approach; c) Evaluasi dilakukan berdasarkan pendekatan perumusan kebijakan man-power approach. Ditemukannya nilai-nilai yang terkandung dalam program-program UKS yaitu nilai percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab.
Kata kunci : Analisis Kebijakan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i7.5335
Refbacks
- There are currently no refbacks.