KEBIJAKAN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan sistem penerimaan peserta didik baru serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kebijakan sistem penerimaan peserta didik baru di SMK N 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, panitia penerimaan peserta didik baru/PPDB, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan metode trianggulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK N 1 Cangkringan sudah dilakukan dengan berbagai program guna meningkatkan jumlah peserta didik baru. Program-program tersebut meliputi program meningkatkan kualitas SDM, pembenahan infrastruktur sekolah, peningkatan mutu dibidang akademik maupun non akademik, mengadakan lomba sebagai ajang promosi serta membuka jurusan baru. (2) Faktor pendukung meliputi: dukungan dari peran guru dan siswa menjadi faktor utama keberhasilan promosi dalam rangka meningkatkan jumlah peserta didik, serta kegiatan promosi juga dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti brosur, pamflet, leaflet, website dan blog. (3) Faktor penghambat meliputi: letak geografis sekolah, perbedaan pemahaman SDM, serta dari segi biaya untuk penerimaan peserta didik baru/PPDB.
Kata Kunci : Kebijakan, Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru, SMK N 1 Cangkringan
Kata Kunci : Kebijakan, Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru, SMK N 1 Cangkringan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i6.5328
Refbacks
- There are currently no refbacks.