KEMITRAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Yunida Cahya Kinanti,

Abstract


Penelitian mendeskripsikan mengenai pelaksanaan kemitraan sekolah, manfaat kemitraan sekolah, serta faktor pendukung dan penghambat yang dikaitkan dengan mutu pendidikan di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah,Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Kesiswaan, Sarana dan Prasarana, guru pendamping, serta siswa. Objek penelitian adalah data mengenai kemitraan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Data diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan interactive model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa; (1) Proses kemitraan sekolah dapat dilihat dari adanya partisipasi aktif dari siswa untuk mengikuti kemitraan, adanya kerjasama antar guru seperti menengok saat pembelajaran dikelas. Strategi pelaksanaannya, sekolah berusaha menjaga komunikasi dengan mitra, selalu meng-update kerjasama, memiliki modal kepercayaan yang besar, dan sekolah selalu mengadakan evaluasi saat kegiatan selesai. Bentuk kemitraannya adalah Mutualism Partnership. (2) manfaat kemitraan sekolah ialah menambah wawasan untuk guru dan siswa, serta meningkatkan kompetensi sekolah; (3)faktor pendukungnya adalah kemajuan teknologi, partisipasi orang tua siswa, kemauan dari dalam diri siswa, sekolah memiliki modal kepercayaan, fasilitas yang diberikan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas, pembiayaan dan waktu.

Kata kunci : Kemitraan Sekolah, Mutu Pendidikan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics