PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA BURUH TANI DESA SRIGADING KABUPATEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak dalam keluarga buruh tani Desa Srigading Sanden Bantul, di dalamnya berisi pemahaman orangtua mengenai pendidikan anak, kebutuhan pendidikan, metode, isi, alat pendidikan, tanggungjawab, dan perhatian orangtua kepada anak. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keluarga buruh tani yang menjadi responden penelitian mempraktikkan pendidikan anak secara alami dengan disertai perhatian orangtua yang masih terkendala masalah waktu dan pengetahuan. Orangtua mempraktikkan strategi pendidikan yang demokratis dengan menyertakan hadiah dan peringatan sebagai alat pendukung pendidikan anak. Kebutuhan pendidikan dari segi kebutuhan sekolah saja yang mampu dipahami orangtua, hal ini karena keterbatasan kemampuan orangtua, waktu pekerjaan yang cukup lama, dan ekonomi orangtua yang termasuk dalam kelompok masyarakat miskin. Pendidikan yang berkaitan dengan pertanian juga tidak tampak dalam isi pendidikan dalam keluarga, karena orangtua memiliki harapan agar anak lebih baik daripada orangtua.
Kata Kunci : Pendidikan anak, orangtua buruh tani, Desa Srigading
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i5.5311
Refbacks
- There are currently no refbacks.