IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Arif Burhanudin,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di SMP Negeri 6 Yogyakarta, dan (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di SMP Negeri 6 Yogyakarta dilakukan melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. (2) Faktor pendukung meliputi: dukungan dan kerjasama dari kepolisian, Dinas Pendidikan, perusahaan swasta, sumber daya yang dimiliki, kerjasama dari semua warga sekolah dan peraturan sekolah. Faktor penghambat meliputi: Tempat parkir kurang memadai, kurangnya petugas keamanan, masih ada beberapa guru yang terbebani dengan pengintegrasian Pendidikan Etika Berlalu Lintas kedalam mata pelajaran, peraturan dan sanksi tertulis kurang tegas dan masih minim, serta kurang memanfaatkan sarana yang ada.
Kata Kunci: Implementasi kebijakan, pendidikan etika berlalu lintas, SMP Negeri 6 Yogyakarta.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i3.5218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics