IMPLEMENTASI PILAR PENDIDIKAN DALAM KEBIJAKAN BANGGA MBANGUN DESA DI KABUPATEN CILACAP

Nanda Septianingsih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi Pilar Pendidikan dalam Kebijakan Bangga Mbangun Desa di Kabupaten Cilacap, (2) faktor-faktor pendukung, (3) faktor-faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di 4 lokasi, yaitu: Bapermas PP PA KB, Disdikpora, SMPN1 Cilacap, dan SMAN1 Cilacap. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Tahapan analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data yang dipakai yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara konsep implementasi pilar pendidikan masuk dalam structural approach yang bersifat top-down yang berjalan secara demokratis,  (2) faktor pendukung implementasi pilar pendidikan yaitu kolaborasi antar agen dan sinergi antar pemangku kepentingan serta sumber daya manusia yang memadai, dan (3) faktor yang penghambat implementasi pilar pendidikan yaitu regulasi pendanaan yang kecil dan komunikasi antar agen yang kurang lancar.

Kata kunci: implementasi kebijakan, pilar pendidikan, bangga mbangun desa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v5i2.5203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics