Pengaruh Program MBKM Wirausaha Merdeka terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Peserta EduBlankOn Universitas Negeri Yogyakarta

Almaidah Laksita Kurniawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh program Wirausaha Merdeka terhadap minat wirausaha mahasiswa peserta program EduBlankOn Universitas Negeri Yogyakarta. EduBlankOn merupakan program Wirausaha Merdeka (WMK) yang membina mahasiswa tanpa arah kewirausahaan (blank) menjadi mahasiswa dengan kapabilitas wirausaha (on). Penelitian menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah responden 186 mahasiswa peserta WMK EduBlankOn angkatan 2023, dipilih melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert. Uji validitas dilakukan terhadap 30 responden dan seluruh butir instrumen dinyatakan valid (r hitung > 0,361), dengan reliabilitas 0,990 dan 0,960. Hasil penelitian menunjukkan manfaat program dalam kategori tinggi (40,86%) dan minat wirausaha pada kategori tinggi (34,94%). Uji regresi menunjukkan pengaruh signifikan (sig. 0,00 < 0,05), dengan nilai R Square sebesar 0,545 yang berarti program berpengaruh sebesar 54,5% terhadap minat wirausaha mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Alansori, A., & Listyaningsih, E. (2020). Kontribusi UMKM terhadap kesejahteraan masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Amalia, H., & Hadi, S. (2024). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Hafidzpreuneur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 953–962.

Amrullah, N., Fattah, S., & Sabir, S. (2022). Pengaruh indikator makroekonomi, upah minimum, dan demografis terhadap pengangguran di Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 227–242.

Arianto, A., & Masnawati, E. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat dalam berwirausaha di Indonesia. Prospeks: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(2), 433–443.

Aulia, M. F. (2017). Determinan pengangguran terdidik di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 5(2).

Azelia, A. A., & Azzahra, H. (2024). Analisis efektivitas implementasi program MSIB dalam upaya meningkatkan kualitas SDM tenaga kerja perguruan tinggi Indonesia. Inovasi Makro Ekonomi (IME), 6(3).

Badan Pusat Statistik. (2024). Berita resmi statistik: Keadaan ketenagakerjaan Indonesia Februari 2024. Diakses tanggal 30 Maret 2025 dari https://www.bps.go.id/.

Becker, G. S. (1964). Human capital: A theoretical and empirical analysis with special reference to education (3thed.). Chicago: The University of Chicago Press.

Gielnik, M. M., Uy, M. A., Funken, R., & Bischoff, K. M. (2017). Boosting and sustaining passion: A long-term perspective on the effects of entrepreneurship training. Journal of Business Venturing, 32(3), 334–353.

Harini, H., Sulistianingsih, S., Herlina, H., Ripki, A. J. H., & Putri, A. (2024). Strategi manajemen pendidikan untuk mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10586–10591.

International Labour Organization. (2023). Promoting youth entrepreneurship: A strategy to reduce youth unemployment. Geneva: ILO.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kebijakan merdeka belajar: Kampus merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Buku panduan program Wirausaha Merdeka (WMK) tahun 2023. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Madjid, A. (2018). Analisis kebijakan pendidikan. Jakarta: Samudra Biru.

North, D. C. (1991). Institutions, institutional change and economic performance. Cambridge: Cambridge University Press.

Nugroho, R. M. A., Fatimah, F., & Wijayantini, B. (2025). The influence of entrepreneurship education, family environment and entrepreneurial motivation on entrepreneurial student decisions. Jurnal Comparative: Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 119–129.

OECD. (2019). Development co-operation report 2019: A fairer, greener, safer tomorrow. Paris: OECD Publishing.

Permata, D. I., & Andriani, D. N. (2023, Juni). Efektivitas program Wirausaha Merdeka Kampus Merdeka dalam meningkatkan kemampuan wirausaha pada mahasiswa pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Madiun: Studi kasus pada UMKM Chantika Catering. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(1), 365–370.

Prasetya, H., & Ariska, R. A. (2021). Pengaruh sikap dan pendidikan kewirausahaan pada minat berwirausaha. EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 9(1), 81–89.

Raja, E. A. L., Rozaini, R., Prasetya, B. A., Setiawan, A., & Bachtiar, L. E. (2024). The effect of digital transformation, digital leadership, entrepreneurial motivation, and entrepreneurial interest on MSMEs’ business performance. Journal of Ecohumanism, 3(4), 1759–1770.

Shah, N., & Soomro, B. A. (2017). Investigating entrepreneurial intention among public sector university students of Pakistan. Education and Training, 59(7–8), 841–855.

Sitepu, R. K. K., Angelita, T., Mufinna, A. F., Gunawan, S., Januarsoe, R., Rafananda, T. Z., ... & Azzahra, A. (2024). Pengaruh kegiatan WMK (Wirausaha Merdeka) 2023 terhadap minat wirausaha mahasiswa Manajemen Agribisnis Angkatan 58. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5).

Syifana, A., & Rochmatullah, M. R. (2024). Pengaruh magang Wirausaha Merdeka, motivasi, penggunaan media sosial, dan self-efficacy dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 7(4), 7397–7412.

Trisnaeni, N. N., Maryono, M., & Fuadi, S. I. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat menjadi guru pada mahasiswa PAI FITK UNSIQ Wonosobo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 32–41.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v14i2.24390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics