Program Kelas Industri Manufaktur sebagai Penguat Link and Match Dunia Pendidikan dan Dunia Industri

Arlinda Febriyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program kelas industri manufaktur sebagai penguat link and match dunia pendidikan dan dunia industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitian yaitu waka humas dan industri, waka kurikulum, guru kelas industri, serta siswa. Penelitian dilaksaakan di SMK Muhammadiyah Imogiri. Hasil penelitian: 1) Persiapan program kelas industri manufaktur: a) Standar yang digunakan yaitu MoU dengan sasaran siswa kelas 12. b) Sumber daya manusia terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa; sumber daya dana berasal dari dana BOS, dana SMK PK, dan biaya tambahan dari siswa; sumber daya sarana prasarana lengkap sesuai standar industri. c) Karakteristik agen pelaksana jelas yaitu adanya pembagian tugas dan tanggung jawab. d) Komunikasi antar organisasi dilakukan secara insidental dan fleksibel secara langsung maupun virtual. e) Sikap para pelaksana menerima dengan positif dan memberikan dukungan penuh. f) Kondisi lingkungan yang berpengaruh yaitu kondisi sosial dan ekonomi. 2) Proses program kelas industri manufaktur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Kata Kunci: Program Kebijakan, Kelas Industri Manufaktur, Link and match


Full Text:

PDF

References


Achsani, H., dkk. (2020). Model Kelas

Industri pada Mitsubishi School

Program di Sekolah Menengah

Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, dan Pengembangan,

(8), https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.

Austin, M. J., & Rust, D. Z. (2015).

Developing an Experiential Learning Program: Milestones and

Challenges. International Journal

of Teaching and Learning in Higher

Education 27(1), 143–153.

Badan Pusat Statistik. (2024). Keadaan

Ketenagakerjaan Indonesia Agustus

Badan Pusat Statistik Provinsi D. I.

Yogyakarta. (2024).

Statistik Ketenagakerjaan Daerah Istimewa

Yogyakarta Februari 2022-2024.

Edwards III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Congressional

Quarterly Press.

Gholibi, M. I., dkk. (2024). Link and match learning on the quality of vocational graduates in Banten province, Indonesia. Journal of Green Learning, 4(2), 91–99. https://doi.org/10.53889/jgl.v4i2.392

Hasbullah. (2016). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008

Miles, M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods. United States of America.

Othman, D., V. (2021). Peningkatan Kompetensi Peserta Didik SMK

Negeri 6 Batam Melalui Link and Match dengan Dunia Industri dalam Bentuk Kelas Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 3(1), 10. https://doi.org/10.20961/nozel.v3i1.52150

Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 7 Tahun 2023 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan.

Priambudi, P., Mahmudah, F. N., & Susatya, E. (2020). Pengelolaan Kelas Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan

Teknologi Kejuruan 3(2).

Priti, P., Sofyan, H., Budiman, A., & Sriyanto, J. (2023). Evaluasi

Program Kelas Industri pada Program Keahlian Teknik Otomotif

SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah,

(2), 602–610. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.161

Sulton, M., & Sumiati, S. (2024). Implementasi Kelas Industri Pada

Buma School Program di SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Profesional 13(2), 76–85.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI Bandung.

Tjilen, A. P. (2019). Konsep, Teori, dan Teknik Analisis Implementasi

Kebijakan.

Van Meter, D., & Van Horn, C. (1975). The Policy Implementation Process: A conseptual ramework. Administration and Society.

Wicaksono, M. Y., & Suharmanto, S. (2022). Pengaruh Kelas Industri

terhadap Motivasi Belajar dan Kesiapan Kerja Siswa Kelas Industri BUMA School di SMKN 1 Singosari. Jurnal Teknik Mesin dan

Pembelajaran.

Yamin, M. (2019). Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan: Panduan Menciptakan Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum yang Progresif dan Inspiratif. Diva Press.

Yoto. (2021). Work Base Learning Melalui Kegiatan Industrial Class dan Teaching Factory Pada SMK PK Work Base Learning Melalui Kegiatan Industrial Class dan Teaching Factory Pada SMK-PK.

Baskara Media.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan 30(2), 129–152.

Yunus, Y., & Rosi, Y. (2023). Teori Prosser: Philosophy Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 7(2), 316–325.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v14i2.24351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics