Membangun Karakter dan Prestasi melalui Program Sains, Budaya, dan Olahraga (SBO) di SMA Negeri 1 Seyegan

Hanindita Listyaningtyas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sains, Budaya,
dan Olahraga(SBO) dalam membangun karakter dan prestasi peserta didik di SMA Negeri 1 Seyegan
serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Pada penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif pendekatan deskriptif dengan narasumber atau informan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum,
Koordinator SBO, guru, pelatih, dan peserta didik yang dipilih secara purposive sampling. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan teknik
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
implementasi SBO berjalan cukup baik dengan dukungan komunikasi efektif, sumber daya manusia
dan sarana prasarana yang memadai, serta komitmen pelaksana. Faktor pendukung utama meliputi
keberadaan pelatih dan guru ahli, fasilitas memadai, dukungan stakeholder, dan antusiasme siswa.
Faktor penghambat meliputi kurang aktifnya guru pendamping, kompleksitas program, kesulitan
mencari pelatih kompeten, pelaksanaan di siang hari yang panas, kurangnya komitmen siswa, dan
lemahnya monitoring kehadiran siswa.
Kata kunci: karakter, prestasi, program SBO, SMA Negeri 1 Seyegan
Abstract
This study aims to describe the implementation of the Science, Culture, and Sports Program
(SBO) in building character and achievement of students at SMA Negeri 1 Seyegan and to analyze the
supporting and inhibiting factors. This study uses a qualitative descriptive approach with sources or
informants of the Principal, Deputy Curriculum, SBO Coordinator, teachers, trainers, and students
selected by purposive sampling. Data were collected through observation, interviews, and
documentation, then analyzed using data condensation techniques, data presentation, and drawing
conclusions. The results of the study indicate that the implementation of SBO went quite well with the
support of effective communication, adequate human resources and infrastructure, and the commitment
of the implementers. The main supporting factors include the presence of trainers and expert teachers,
adequate facilities, stakeholder support, and student enthusiasm. Inhibiting factors include the lack of
active accompanying teachers, the complexity of the program, difficulty in finding competent trainers,
implementation during hot days, lack of student commitment, and weak monitoring of student
attendance.
Keywords: character, achievement, SBO program, SMA Negeri 1 Seyegan


References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2024). Laporan Survei Internet Indonesia.

Kemendikbud. (2024). Laporan Integrasi Budaya Lokal dalam Pendidikan.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik.Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrawan, M., & Sari, L. (2024). Program Multidisipliner dalam Pendidikan: Kontribusi terhadap Perkembangan Akademik dan Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Budaya, 16(1), 110-125.

Hidayati, N., & Setiawan, B. (2023). Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa pada Program Sains dan Olahraga. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 123-135.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2023). Data Kasus Perundungan di Sekolah.

Lestari, C. (2023). Integrasi Nilai Karakter dan Keterampilan Sosial dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Holistik, 10(3), 100-115.

Martono, M., & Gularso, D. (2020). Pengajian Ahad Kliwon: Best Practise Sinergi antara Orang Tua dan Sekolah dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Rejodadi Kasihan Bantul YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 7(1), 86-96.https://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/14969/pdf_63

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2011). Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. https://jdih.jogjaprov.go.id/peraturan-daerah/nomor-5-tahun-2011

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (2017). https://setkab.go.id/wp-content/uploads/2017/09/Perpres_Nomor_87_Tahun_2017.pdf

Prasetyo, E. (2025). Keseimbangan Antara Prestasi Akademik dan Non-Akademik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 34-50.

Rahmawati, D., & Nugroho, A. (2023). Partisipasi Siswa dalam Perencanaan dan Pemilihan Aktivitas Ekstrakurikuler: Mendorong Kemandirian dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 25-40.

Riadi, S. (Ed.). (2012). Pendidikan holistik: konsep dan implementasi dalam pendidikan. Uhamka Press.

Santoso, E., & Wulandari, F. (2022). Keterlibatan Siswa dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran: Dampak pada Otonomi dan Motivasi Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 55-70.

Sari, A., & Putra, B. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45-60.

Sari, D. P., & Rahman, A. (2022). Pengaruh Program Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45-60.

SMA Negeri 1 Kalibawang. (2022). SMAN 1 Kalibawang, sekolah berbasis budaya, dan implementasinya. Retrieved December 20, 2024, from https://sman1kalibawang.sch.id/sman-1-kalibawang-sekolah-berbasis-budaya-dan-implementasinya/

SMA Negeri 1 Seyegan. (2023). Prestasi. Retrieved January 11, 2025, from https://sman1seyegan.sch.id/prestasi/

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi kedua cetakan ke-5. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Susanto, H., Sari, R. N., & Pratama, B. (2023). Keabsahan data penelitian kualitatif: Studi kasus pada penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Penelitian, 10(1), 45–58.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wahyuni, R. (2024). Strategi Pengembangan Minat dan Bakat Siswa Melalui Program Sains dan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 78-90.

Wijaya, R. (2024). Tantangan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 75-89.

Wijayanti, R., & Prasetyo, H. (2023). Integrasi Sains, Budaya, dan Olahraga dalam Pendidikan Holistik: Dampak pada Prestasi dan Nilai-nilai Kolaborasi. Jurnal Pendidikan Holistik, 9(3), 90-105.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v14i2.24305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics