Efektivitas Program Bantuan Pendidikan bagi Anak-anak Miskin dan Berprestasi

Deni Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Berliana Oktavinindia,
Sarah Laela Nur Saffanah,
Najwa Alya Zahra,
Heraklitos Wurara Yogjanarendra,

Abstract


Fokus penelitian ini adalah mengkaji Keefektivan Program Bantuan Pendidikan Bagi Anak-Anak Miskin dan Berprestasi siswa siswi SMA di daerah Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program bantuan pendidikan efektif untuk menunjang akses pendidikan bagi masyarakat kurang mampu dan untuk mengetahui pemanfaatan dana bantuan pendidikan yang diterima oleh siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan meneliti populasi atau sampel tertentu dan pengambilan sampel secara random lalu pengumpulan data menggunakan instrumen, analisis data bersifat statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi mengenai bantuan dana pendidikan telah dilakukan dengan baik, di mana 247 peserta didik mengetahui informasi tentang PIP. Namun, pemanfaatan dana PIP masih kurang optimal, dengan 100 siswa menggunakan dana untuk kebutuhan sehari-hari alih-alih untuk keperluan pendidikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa program bantuan pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan aksesibilitas pendidikan bagi anak-anak kurang mampu dan mendorong mereka untuk mencapai potensi akademik yang lebih tinggi.

Full Text:

PDF

References


Akunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Praktek. In Rineka Cipta (Vol. 2006, Issue 2006). PT Rineka Cipta.

Amroni, M. Al, Alhadihaq, M. Y., & Sumiati, N. (2023). Efektivitas Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap Motivasi Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Kota Bandung. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 158. https://doi.org/10.35906/EQUILI.V12I2.1521

Berlin Sibarani, E. A. S. A. (2012). the Effect of Applying Venn Diagram Strategy on Students’ Achievement in Reading Comprehension. REGISTER: Journal of English Language Teaching of FBS-Unimed, 1(1), 537–544. https://doi.org/10.24114/reg.v1i1.337

Citriadin, Y. (2014). Pengantar Pendidikan. Rajawali Pers.

Depiani, D. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Manajer Pendidikan, 9(2). https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/1124

Kaunang, I., Abdul, I., Maruwae, A., Bumulo, F., & Bahsoan, A. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) terhadap Motivasi Belajar Siswa. Damhil Education Journal, 4(1), 29–38. https://doi.org/10.37905/DEJ.V4I1.2477

Nurhayati, R., Rohman, A., Hajaroh, M., & Sholikhah, E. (2019). The Policy Formulation of Educational Funding in Yogyakarta Province. KnE Social Sciences, 3(17), 6-16–6–16. https://doi.org/10.18502/KSS.V3I17.4618

Sardiman, A. . (2007). Interaksi & motivasi belajar mengajar. RajaGrafindo Persada.

Sholikhah, E. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Program Bantuan Siswa Miskin pada Jenjang SMP di Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul [Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/111999

Sholikhah, E. (2018). Pemanfaatan dana Program Indonesia Pintar (PIP) oleh siswa SMPN 2 Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. Foundasia, 9(1), 55–64. https://journal.uny.ac.id/index.php/foundasia/article/view/26160

Sri Ismayani, M. (2019). Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) (Pada Kursus dan Pelatihan Tata Kecantikan Kulit di LPK Yuwita Kota Tasikmalaya) [Universitas Siliwangi]. http://repositori.unsil.ac.id/694/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syafri, A. (2015). Implementasi Kebijakan Bantuan Siswa Miskin (BSM) dalam Memberikan Layanan Pendidikan bagi Siswa Miskin di SMP Islam Ibnu Rusyd Kecamayan Lampung Utara. http://digilib.unila.ac.id/8967/

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan - Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. - Google Books. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=lOqoEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:mSIX7Md0EUkJ:scholar.google.com&ots=JQhXibl5HS&sig=l_NqGr9Ona2vkeFQn_7zRNvGFUY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Yuniar Nahrul Jannah, A., & Sudrajat, A. (2018). Garuda - Garba Rujukan Digital. Paradigma, 6(2). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1576270




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i3.22355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics