Implementasi Konsep 8+I Link and Match di SMKN 1 Godean dengan Mitra Alfamidi
Abstract
Penelitian bertujuan 1)Mendeskripsikan implementasi konsep 8+I Link and Match di SMKN 1 Godean dengan Alfamidi, 2)Menginterpretasikan implementasi 8+I Link and Match berdasarkan perspektif teori Edwards III., dan 3)Mendeksripsikan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, studi dokumen, dan observasi. Subjek penelitian yaitu Staf Penanggungjawab Alfamidi Class, Ketua Jurusan Pemasaran, dan siswi SMKN 1 Godean. Analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan 1)Konsep 8+I Link and Match dilaksanakan kecuali program “Sertifikasi Kompetensi”, 2) Interpretasi dari teori implementasi Edwards menunjukkan a)Komunikasi optimal dengan pertemuan rutin b)Ketersediaan sumber daya yang baik, terdapat Person In Charge (PIC) dan dana c)Disposisi para pelaksana yang berkomitmen, dan d)Struktur birokrasi optimal dengan pembagian tugas yang jelas. Terdapat faktor penghambat yaitu manajemen waktu dan pergantian kurikulum sedangkan faktor pendukung yaitu komunikasi yang baik dan antusiasme siswa.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2023). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan. Retrieved November 7, 2023, from https://www.bps.go.id/indikator/6/1179/1/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (2021) Buku saku SMK pusat keunggulan. Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Jakarta
Jumiati, I. E. (2014). Aspek Penting Disposisi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Perkotaan. Jurnal Administrasi Publik, 5(1). https://doi.org/10.31506/jap.v5i1.2390
Juniarto, A. (2022). 20% Lulusan SMK di DIY Masih Menganggur. Jogjapolitan. Retrieved November 7, 2023, from https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2022/05/11/510/1101044/20-lulusan-smk-di-diy-masih-menganggur
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 4(1), 147–173.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/D/O/2021.
Nurhuda, H. (2022). Masalah-Masalah Pendidikan Nasional; Faktor-Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127-137.
Robyardi, E. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pembagian Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT Pos Indonesia (Persero) Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 16(4), 289. https://doi.org/10.31851/jmwe.v16i4.3725
Seran, A., Syarah, M. M., & Santoso, A. B. (2023). Strategi PIC (Person In Charge) Dalam Membangun Komunikasi EksternalTerkait Penanganan Masalah Registrasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (Studi Kasus di Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(4), 319–329.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017, 2017)
SMKN 1 Godean. (2024). SMKN 1 Godean - Official Web - Dicari karena Berprestasi. Retrieved November 7, 2023, from https://smkn1godean.sch.id/
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.
Widodo, J. (2021). Analisis kebijakan publik: Konsep dan aplikasi analisis proses kebijakan publik. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i4.22189
Refbacks
- There are currently no refbacks.