Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di Sekolah Berbasis Budaya
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa implementasi kebijakan pendidikan karakter di sekolah berbasis budaya dan mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi penghabat dan pendukung dalam pelaksanaan implementasi kebijakan pendidikan karakter di sekolah berbasis budaya. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai proses dan hasil implementasi kebijakan pendidikan karakter di sekolah berbasis budaya. Tempat penelitian terletak di SMA N 2 Wates. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan subjek penelitian hasil observasi di sekolah. Sumber data sekunder diperoleh dari dokumen sekolah tentang kebijakan pendidikan karakter berbasis budaya. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi kebijakan pendidikan di sekolah berbasis budaya terdapat tiga program sekolah yaitu program intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan program kokurikuler.
Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Pendidikan Karakter, Sekolah Berbasis Budaya
Full Text:
PDFReferences
Daryanto dan Suryati Darmiatun (2013). Implemnetasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Gunawan, Imam (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasbullah, M. 2015. Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Jatmiko, Datu (2021). Kenakalan Remaja Klithih yang Mengarah pada Konflik Sosial dan Kekerasan di Yogyakarta. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, ISSN: 1412-1271.
Kristin, Firosalia (2024). Pendampingan Kegiatan P5 Tema Kearifan Lokal Bagi siswa Kelas 5 SD. Jurnal Abdi Masyarakat Tahun 2024.
Kurniawan, Syamsul (2016). Pendidikan Karakter : Konsepsi & Implementasinya secara TErpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguaruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Miles,dkk.2014. Qualitative data analysis:amethods sourcebook.Singapore:SAGEPublication India Pvt.Ltd.
Muhammad, dkk (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Educatio. Vol.9, No.1, 2023.
Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Peraturan Daerah DIY Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaa dan Penyelenggaraan Pendidika Berbasis Budaya. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta.
Permendikbudristek No.56/M/2022 tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Samsiyah, Nur dkk (2018). Penanaman Budaya Lokal Melalui Literasi Bahasa Jawa Sebagai Bahan Bacaan di Sekolah Dasar Kabupaten Ngawi. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA.
Sukardi, Suyata, Shodiq A, Kuntoro (2015). Penelitian Etnografi tentang Budaya Sekolah dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi, Volume 3 No 1 Juni 2015 (58-68).
Tilaar, H.A.R dan Nugroho. (2008). Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter strategi Membangun Karakter Bangsa Berkebangsaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v14i1.21936
Refbacks
- There are currently no refbacks.