EVALUASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI SMA N 1 PLERET

Nisa Shafryna Nurhanifah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Sekolah Penggerak di SMA N 1 Pleret serta output (hasil) proram tersebut. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Goal Free Evaluation, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumen. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling, terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru, dan Siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA N 1 Pleret telah mengikuti lima intervensi utama Program Sekolah Penggerak dan dari implementasi program tersebut terdapat dampak positif sesuai dengan tujuan dan dampak negatif yang terjadi diluar tujuan. Dampak positif yang terjadi sesuai tujuan adalah: 1) Sekolah memanfaatkan anggaran Bos Kinerja selama 3 tahun; 2) Sekolah menerima manfaat pengarahan dari fasilitator; 3) Peningkatan kualitas akademik dan karakter siswa. Sedangkan dampak negatif yang terjadi diluar tujuan program adalah: 1) Ketimpangan JP (Jam Pembelajaran); 2) Guru kesulitan dalam menentukan kriteria penilaian dan beban administrasi yang semakin banyak; 3) Penurunan minat siswa terhadap pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

 

Kata kunci: evaluasi program, sekolah penggerak, goal free evaluation

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In P. Rapanna (Ed.), Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August). Syakir Media Press.

Azaniah Sofia, S., & Basri, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Padang. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 26–41.

Cristiana, E. (2021, May). Digitalisasi pendidikan ditinjau dari perspektif hukum. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 3, pp. 58-66).

Hajaroh, M., Purwastuti, L. A., Rukiyati, & Saptono, B. (2021). Difusi Model Perumusan Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Tingkat Satuan Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(1), 14–30.

Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646.

Kemendikbud, (2021). Neraca Pendidikan Daerah.https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg

Kemendikbud, R. I. (2021). Program sekolah penggerak 2021. Kemendikbud, Jakarta.

Mardapi, D. (2017). Pengujuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Perama Publishing

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif.

Muhaimin, Efi Rufaiqoh (2016) Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Sumpiuh Banyumas Dan Madrasah Aliyah Negeri (Man) Kroya Cilacap. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

Musakirawati, M., Jemmy, J., Anggriawan, F., Triansyah, F. A., Akib, A., & Tahir, A. (2023). Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia terhadap Perencanaan Berbasis Data. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 201-208.

Moleong, L. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Monita, D. F. (2019). Pembiayaan dalam pendidikan.

Sufyadi dan Susanti. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Syaharani, A. N., & Nurani, F. (2019). Kesenjangan Mutu Pendidikan Antara Desa dan Kota. Administrasi Publik FIA Universitas Brawijaya.

Widodo, S., Khairina, Nasution, M., Andini, M. S., Nazhid, A. R. M., Bangun, O. V., Zahara, E. L., Wulandari, S., Agustiani, F. N., & Hidayatullah, T. (2020). Bunga Rampai Isu-isu Kesehatan, Pendidikan, dan Ketenagakerjaan dalam Mewujudkan SDM Unggul (M. E. Slamet Widodo, S.E., M. S. Marihot Nasution, S.E., & M. E. D. Ervita Luluk Zahara, S.E. (eds.); 1st ed.). Pusat Kajian Anggaran - Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI All.

World Bank. 2018a. Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia : Pendidikan untuk pertumbuhan. Washington, DC: World Bank.

World Bank. 2018b. World Development Report 2018 : Learning to Realize Education’s Promise (WDR 2018). Washington, DC: World Bank.




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i2.21684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics