ANALISIS KESETARAAN GENDER PADA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 7 PURWOREJO

Muhammad Rizki Ardiansyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kesetaraan gender pada sekolah ramah anak di SMA Negeri 7 Purworejo dan (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kesetaraan gender pada sekolah ramah anak di SMA Negeri 7 Purworejo. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian yang dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Aspek kesetaraan gender: (a) pemahaman gender yang cukup antara kepala sekolah, guru, dan siswa; (b) Tidak adanya sikap diskriminasi di sekolah; (c) Dapat mengurangi masalah kekerasan; (d) Sudah tidak melakukan praktik-praktik yang membahayakan di sekolah; (e) Dapat membagi peran yang setara antara laki-laki dan perempuan; (f) Memberikan fasilitas yang responsif gender di sekolah. 2) Faktor pendukung dan penghambat kesetaraan gender: (a) Faktor pendukung: tidak melakukan pelabelan, melaksanakan program sekolah ramah anak, lingkungan kerja yang baik dan saling mendukung. (b) Faktor penghambat: Kurangnya fasilitas responsif gender yang dimiliki, masih terjadinya kasus kekerasan dalam bentuk verbal di antara siswa.

Kata kunci: Sekolah Ramah Anak, Kesetaraan Gender

 

Full Text:

PDF

References


Ayu. (2023). Pemerintah Harus Petakan Faktor Penyebab Bullying Anak. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/46802/t/Pemerintah+Harus+Petakan+Faktor+Penyebab+Bullying+Anak

Fasawwa, S. S., & Hanum, F. (2023). Perspektif Gender Penyelenggaraan Pendidikan Di Sekolah Gajahwong Yogyakarta. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 12(1), 31–39. https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.60866

Juliana, G., Sendratari, L. P., & Maryati, T. (2019). Bias Gender Dalam Pendidikan (Studi Kasus Pembelajaran Sosiologi Kelas XI dan Potensinya Sebagai Sumber Belajar Sosiologi di MAN 1 Buleleng). E-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 23–32.

Muh. Khaerul Watoni A., H. W. H. Z. (2020). Penerapan Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Pada SiswaDi SMAN 5 Mataram. Solidarity 9, 1(Kesetaraan Gender, Pendidikan), 811–822. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/38849

Muhmad Pirus, M. S., & Nurahmawati, H. (2020). Javanese Women Identity Regarding 3M: Macak-Manak-Masak Values. International Journal of Culture and History, 7(2), 54. https://doi.org/10.5296/ijch.v7i2.18055

Natasha, H. (2013). Ketidaksetaraan Gender Bidang Pendidikan: Faktor Penyebab, Dampak, Dan Solusi. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 53. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.513

Palulungan, L., Ramli, M. T., & Ghufran, M. (2020). Perempuan, Masyarakat Patriarki & Kesetaraan Gender. In L. Palulungan, M. G. H. K. K., & M. T. Ramli (Eds.), BaKTI: Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (2019th ed.). Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI).

Putra, D. A. (2019). Kesetaraan Gender Dalam Pembelajaraan Di Sekolah Dasar, Elementary School Education Journal. Elementary School Education Journal, 3(1), 93–103. http://103.114.35.30/index.php/pgsd/article/viewFile/1400/1183

Sakina, A. I., & Hasanah, D. (2014). Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia. Social Work, 7(1), 71–80.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) (4th ed.). Alfabeta.

Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317

Ulmi Marsya, J. F. (2019). Belenggu Patriarki pada Peran Laki-Laki Bangsawan Jawa dalam Film Kartini Karya Hanung Bramantyo. Jurnal Populika, 7(1), 80–93.

Wiarsih, N., & Astawan, I. G. (2021). Pendidikan Responsif Gender dan Kesehatan Reproduksi dalam Proses Pembelajaran. Mimbar Ilmu, 26(2), 333. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.38505

Wuragil, Z. (2023). 17 Kasus Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan 2022, Ini Ragam Modusnya. Tempo.Co. https://tekno.tempo.co/read/1674909/17-kasus-kekerasan-seksual-di-lingkungan-pendidikan-2022-ini-ragam-modusnya




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i2.21683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics