IMPLEMENTASI PROGRAM BEASISWA FULL SARJANA UNTUK MAHASISWA KURANG MAMPU DAN BERPRESTASI ASAL KOTA CILEGON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Beasiswa Full Sarjana untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi asal Kota Cilegon beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program sudah berjalan cukup baik, tetapi belum optimal karena berdasarkan teori implementasi kebijakan Edward III yang terdiri dari variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi, pada variabel komunikasi dan struktur birokrasi masih kurang maksimal. Kemudian, terdapat beberapa faktor pendukung dalam implementasi program, yaitu komunikasi berjalan baik dan mudah melalui grup WhatsApp, sumber daya manusia dan fasilitas serta dana mendukung, respons positif masyarakat, dan kerja sama terjalin baik sedangkan faktor penghambatnya, yaitu informasi program belum tersosialisasikan maksimal dan sikap mendukung dari mahasiswa kurang.
Kata kunci: implementasi kebijakan, beasiswa full sarjana, Kota Cilegon
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. (2022). Pengelolaan Administrasi Kerjasama Beasiswa Bank Indonesia dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Studi Kasus IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Elmira, E., & Suryadarma, D. (2018). Financing Higher Education in Indonesia: Assessing the Feasibility of an Income-Contingent Loan System. SMERU Working Paper, 1-15.
Faktabanten.co.id. (2023). Lagi, 5 Perguruan Tinggi Dukung Program Beasiswa Full Sarjana Pemkot Cilegon. Diakses tanggal 16 Desember 2023 dari https://faktabanten.co.id/cilegon/lagi-5-perguruan-tinggi-dukung-program-beasiswa-full-sarjana-pemkot-cilegon/.
Farisi, M. I. (2022). Ironi Dibalik Rendahnya Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi. Diakses tanggal 11 Desember 2023 dari https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/23/074732371/ironi-di-balik-rendahnya-angka-partisipasi-kasar-pendidikan-tinggi.
Habibah, S., et al. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Perguruan Tinggi Pada 32 Provinsi di Indonesia Tahun 2013-2016. Jurnal Anggaran Dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), 1(1), 20-20. https://doi.org/10.33827/akurasi2019.vol1.iss1.art46.
Hasbullah, H. M. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Laksmi et al. (2016). Manajemen Perkantoran Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Marjuki, A. (2023). Penerima Beasiswa Full Sarjana Program KCS Pemkot Cilegon Ditargetkan 2023 Capai 3 Ribu Mahasiswa. Diakses tanggal 14 Desember dari https://bantenraya.co.id/penerima-program-beasiswa-full-sarjana-2023-ditarget-capai-3-ribu-mahasiswa/.
Moekijat. (2018). Administrasi Perkantoran. Bandung: Maju Mundur.
Mutia, A. (2022). Belum Capai Target, Angka Partisipasi Pendidikan Tinggi Masih Rendah. Diakses tanggal 11 Desember 2023 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/29/belum-capai-target-angka-partisipasi-pendidikan-tinggi-di-ri-2021-masih-rendah.
Ndruru, F. (2022). Wali Kota Cilegon Jabarkan Visi Misi di Acara Indonesia Visionary Leader Ke-10. Diakses tanggal 13 Desember 2023 dari https://www.nawacitapost.com/featured/2759355/wali-kota-cilegon-jabarkan-visi-misi-di-acara-indonesia-visionary-leader-ke10.
Saldana., Miles & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications.
Widodo, J. (2021). Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v13i2.21539
Refbacks
- There are currently no refbacks.